PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN CASH FLOWS BAGI IRT DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGELOLA KEUANGAN DI KELURAHAN NGALIYAN, KOTA SEMARANG TAHUN 2022

Authors

  • Winarsih Universitas Islam Sultan Agung
  • Khoirul Fuad Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.398

Keywords:

Cash Flow, Perencanaan Keuangan, Ibu Rumah Tangga

Abstract

Industri Rumah Tangga merupakan pelaku ekonomi yang dapat menopang perekonomian Indonesia, demikian pula Ibu Rumah Tangga (IRT) yang memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, antara lain mendidik anak, memasak dan menghidangkan makanan, membeli barang-barang kebutuhan keluarga sehari-hari, dan sebagainya. Selain peran seperti tersebut di atas ibu rumah tangga mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya dalam keluarga yaitu mengelola atau mengatur keuangan keluarga. Permasalahan pengaturan keuangan merupakan masalah bagi pelaku bisnis IRT atau home industry dan tiap individu termasuk Ibu Rumah Tangga yang tergabung dalam Kelompok Ibu-Ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) di RT 03 RW 07 Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini: a) meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan mereka di bidang keuangan; b) meningkatkan kompetensi mereka dalam membuat perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pembiayaan bisnis. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan meliputi ceramah, tutorial dan diskusi, dan memberikan kuesioner. Hasil yang diperoleh dari adanya pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta berperan aktif untuk mengimplementasikan dari kas masuk dan kas keluar dari kelompok IRT yang tergabung dalam PKK.

References

Ahmad Syafi’i. 2015. Intermediate Accounting. Jakarta: Pembuka Cakrawala.

Andhika Bahari Putra Ginting. 2013. Analisis Laporan Arus Kas sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen pada CV. Karya Pratama Indonesia Sibolga. Skripsi.Universitas Sumatera Utara. Medan.

Dwi Martani, Sylvia Veronika NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK.Buku1.Jakarta:SalembaEmpat.

Harahap, S. (2013).Teori Akuntansi, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga belas.

Kartikahadi, 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS, Buku 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Kurniawanysah, D. (2016). Penerapan Pencatatan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Desa Gembongsari Kecematan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Dinamika Global?: Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal, 832–841.

Miatun, A. (2020). LAPORAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT ( PKM ) PENDAMPINGAN PEMBUATAN CASH FLOW DALAM MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT Tim Pengusul?: Ketua Meita Larasati , S . Pd , M . Sc ( NIDN?: 0309059102 ) Anggota?: Leni Marlena , S . S.

Permendagri No 28 Tahun 2011 tentang PEDOMAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN DAN MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN, Pub. L. No. 28 (2011).

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Winarsih, & Fuad, K. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN CASH FLOWS BAGI IRT DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGELOLA KEUANGAN DI KELURAHAN NGALIYAN, KOTA SEMARANG TAHUN 2022. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 123–131. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.398