OPTIMALISASI DESTINASI WISATA DI DESA SERUNI MUMBUL, KECAMATAN PRINGGABAYA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • Luluk Fadliyanti Universitas Mataram
  • Hani Rahmani Universitas Mataram
  • Alifkha Bagus Sandhiyana Universitas Mataram
  • Amelia Fachriah Universitas Mataram
  • Anang Ma’ruf Universitas Mataram
  • Aqil Hibatullah Dhiya’ulhaq Universitas Mataram
  • Fitriani Universitas Mataram
  • Lalu Muhammad Bayu Dwi Cahyadi Universitas Mataram
  • Mariskia Wida Utami Universitas Mataram
  • Mingga Zuhri Universitas Mataram
  • Rr. Mandalika Sidarahayu Putri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.466

Keywords:

Revitalisasi, Penyuluhan, Sanitasi, Sosialisasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram. Sasaran kegiatan ini yaitu masyarakat dan destinasi wisata Denda Seruni. Pelaksanaan kegiatan KKN dengan tema Desa Wisata akan dilaksanakan di Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan KKN ini akan dilaksanakan ± 45 hari dimulai dari tanggal 20 Desember 2022-10 Februari 2023. Program KKN ini dimulai dengan survei lokasi, setelah itu melakukan observasi. Dengan menggunakan metode ethnography, yaitu mahasiswa KKN tinggal bersama masyarakat dan merasakan menjadi bagian dari masyarakat Desa Seruni Mumbul. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain; Revitalisasi Destinsi Wisata Denda Seruni. Penyuluhan Pertanian, Sanitasi Kandang Ayam, Sosialisasi Literasi Digital, Posyandu Balita, Event Balap Sampan, Gotong Royong Wisata Desa, Beach - Clearning ,Lomba Lato-Lato, Pembersihan TPU. Untuk keberlanjutan program diharapkan masyarakat Desa Seruni Mumbul dapat lebih mengenali dan mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki daerahnya sendiri. Selain itu dengan berbagai output dari kegiatan yang akan dilakukan, diharapkan masyarakat Desa Seruni Mumbul memperoleh pengetahuan dan keterampilan tambahan yang dapat diaplikasikan secara berkelanjutan.

References

Evita, Rossi, I Nyoman Sirtha, and I Nyoman Sunarta. 2012. “DAMPAK PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN SARANA AKOMODASI WISATA TERHADAP PARIWISATA BERKELANJUTAN DI BALI.” Jurnal Ilmiah Pariwisata; Volume 2 No.1 Hal 109-222 September 2012. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jip/article/view/3684.

Hermawan, Hary. 2016. “Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal.” Jurnal Pariwisata 3(2): 105–17.

Itah Masitah. 2019. “Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 6: 3.

Mumtaz, Ais Tsurayya, and Mila Karmilah. 2022. “Digitalisasi Wisata Di Desa Wisata.” Jurnal Kajian Ruang 1(1): 1.

Subagyo. 2012. “Pengembangan Nilai Dan Tradisi Gotong Royong Dalam Bingkai Konservasi Nilai Budaya.” Indonesian Journal of Conservation 1(1): 61–68.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Fadliyanti, L., Rahmani, H., Sandhiyana, A. B., Fachriah, A., Ma’ruf, A., Dhiya’ulhaq, A. H., Fitriani, F., Cahyadi, L. M. B. D., Utami, M. W., Zuhri, M., & Putri, R. M. S. (2023). OPTIMALISASI DESTINASI WISATA DI DESA SERUNI MUMBUL, KECAMATAN PRINGGABAYA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 171–183. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.466