PENDAMPINGAN MODIFIKASI LABEL DAN BENTUK KEMASAN PADA PRODUK ANEKA KERIPIK SAYURAN DI DESA WIDARAPAYUNG WETAN KABUPATEN CILACAP

Authors

  • Ayu Pramita Politeknik Negeri Cilacap
  • Saipul Bahri Politeknik Negeri Cilacap
  • Rosita Dwityaningsih Politeknik Negeri Cilacap
  • Siti Khuzaimah Universitas Nahdhatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Nuryati Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Kartini Megasari Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.561

Keywords:

label, kemasan, marketable, standing pouch

Abstract

UKM Tunggal Makmur adalah UKM di desa Widarapayung Wetan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang melakukan kegiatan usaha jenis camilan atau snack berbasis local wisdom (ciri khas daerah). UKM ini sudah berproduksi mulai tahun 2020 di saat pandemic Covid 19 melanda Indonesia. Segmen pasar masih di daerah lokal karena sistem penjualan dari mulut ke mulut saja sehingga daya beli dan omset belum meningkat signifikan. Permasalahan yang muncul dari UKM ini desain label dan kemasan yang belum marketable dan mudah dikenali konsumen sehingga Tim Pengabdi membuat program mengenai perancangan desain dan pelatihan pembuatan label, bentuk kemasan standing pouch, cetak waktu kadaluarsa menggunakan alat Continous Sealer FR 900 SV dan pengeringan kandungan minyak pada produk menggunakan Spinner 5L. Hasil dari program ini telah memberikan peningkatan dalam hal keterampilan (skill), pengetahuan dan kemandirian serta pengembangan kemampuan strategi dan inovasi usaha.

References

Laily, D. W. (2023). Diversifikasi Logo dan Kemasan Produk sebagai Strategi Branding UMKM Keripik Singkong Dua bersaudara . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : KARYA, 50-58.

Nasution, Z. A. (2018). Kajian Faktor-Faktor Penguat Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 195-201.

Nugrahaningsih, P. H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Pada BUMDes Blulukan Gemilang. Kumawula :Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8-14.

Sarfiah, S. A. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 1-189.

Subali, M. A. (2020). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kerupuk Basa di Desa Jegu, Kabupaten Tabanan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 730-736.

Wirda, F. H. (2020). Penguatan Daya Saing UKM Pada Usaha Makanan Khas Daerah Sumatera Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 579-587.

Yuliani, R. d. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Kuat , 2(2), 71-76.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Pramita, A., Bahri , S. ., Dwityaningsih, R. ., Khuzaimah, S., Nuryati, N., & Megasari, K. (2023). PENDAMPINGAN MODIFIKASI LABEL DAN BENTUK KEMASAN PADA PRODUK ANEKA KERIPIK SAYURAN DI DESA WIDARAPAYUNG WETAN KABUPATEN CILACAP. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 257–270. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.561