PELATIHAN PENGGUNAAN E-FILING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN RELAWAN PAJAK DALAM ASISTENSI WAJIB PAJAK

Authors

  • D. Tialurra Della Nabila Universitas Mataram
  • I Dewa Ketut Yudha S Universitas Mataram
  • Abdul Manan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v3i2.276

Keywords:

e-Filing, Relawan Pajak

Abstract

Relawan Pajak merupakan salah satu program edukasi di bidang perpajakan yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pajak yang dalam pelaksanaannya melibatkan pihak ketiga. Mahasiswa yang ditetapkan menjadi Relawan Pajak harus melalui beberapa tahapan, yaitu Tahap Perekrutan, Tahap Pelatihan, Tahap Penugasan, dan Tahap Evaluasi. Pada tahun 2019, Tax Center Universitas Mataram bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Nusa Tenggara telah melaksanakan program Relawan Pajak untuk pertama kalinya. Pada saat dilakukan evaluasi, diperoleh masukan agar durasi pelatihan diberikan lebih lama. Sehingga diperlukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan tambahan bagi para Calon Relawan Pajak periode tahun 2020. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Calon Relawan Pajak dalam menggunakan e-Filing. Dalam pelaksanaannya, pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelatihan, dan Tahap Evaluasi dan Pelaporan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan Calon Relawan Pajak dalam menggunakan e-Filing untuk SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan formulir 1770 SS dan 1770 S.

Kata Kunci: e-Filing, Relawan Pajak

References

Direktorat Jenderal Pajak. 2017. Modul Relawan Pajak. Direktorat TPB: Jakarta.

Nabila, D. Tialurra Della, dkk. 2019. Edukasi Penggunaan e-Filing melalui Program Relawan Pajak 2019. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(2): 217-222, https://jwd.unram.ac.id/index.php/jwd/article/view/58/34:

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2021 tentang Edukasi Perpajakan.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Della Nabila, D. T., I Dewa Ketut Yudha S, & Abdul Manan. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN E-FILING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN RELAWAN PAJAK DALAM ASISTENSI WAJIB PAJAK. Jurnal Abdimas Independen, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.29303/independen.v3i2.276