PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN E-COMMERCE

Authors

  • Miftahul Rizqi Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang
  • Lina Susilowati Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v1i2.268

Keywords:

Motivasi Belanja hedonis, Pembelian Impulsif, Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif konsumen e-commerce pada mahasiswa STKIP PGRI Jombang Angkatan 2018. Sampel dari penelitian ini merupakan mahasiswa STKIP PGRI Jombang Angkatan 2018 sejumlah 296 mahasiswa. Alat ukur penelitian yaitu skala motivasi belanja hedonis dan skala pembelian impulsive. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Teknik analisis regresi sederhana menggunakan SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai motivasi belanja hedonik yang mempengaruhi keputusan pembelian sehingga dapat memberikan solusi untuk mewujudkan pembelian impulsif sehingga dapat menjadi masukan yang berguna bagi para e-commerce shopee. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh  sebesar 45,1%.

 

 

 

 

References

Arnold MJ & Reynolds K, E. (2003). Hedonic Shopping MOtivations. Journal of Retailing, 77-95. Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Coley, A. &. (2003). Gender differences in cognitive and affective impulse buying. Journal of Fashion

Marketing and Management; An International Journal.

Engizek, O. &. (2013). Shopping online without thingking being emotional or rational. Asia Pacific

Journal of Marketing and Logistic Vol 26, 78-93.

Fauziah, S. &. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse

Buying Produk Fashion. Jurnal Ecogon , 81-88.

Marianty, R. (2014). Pengaruh Keterlibatan Fashion Emosi Positif dan Kecenderungan Konsumsi

Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Magister Manajemen, 1-15.

Nielsen, A. (2007). Survei Of Consumer Behavior and Perception Toward Modern Retail and

Traditional Trade Channels. Jakarta: Departemen Perdagangan Indonesia.

Nugroho, B. &. (2018). ). PENGARUH DIMENSI MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA SITUS MARKETPLACE TOKOPEDIA. Journal of Management, 438-448.

Paramita, N. &. (2015). Pengaruh motivasi belanja hedonik terhadap pembelian impulsif konsumen matahari Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Prastia, F. (2013). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involment dan hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan Toko Elizabeth. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, vol.2, No.4.

Rachmawati, A. (2018). ). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka. Bachelor's thesis, Jakarta:Fakultas,Ekonomi dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah.

Rachmawati, V. (2009). Hubungan Antara Hedonic Ahopping VAlue, Positive Emotion dan Perilaku

Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Jurnal Majalah Ekonomi, 192-208. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Utami, B. (2016). PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIK TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL PERANTARA. journal Fakultas Manajemen.

Downloads

Published

2022-12-30