DETERMINAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/risma.v2i1.186Keywords:
Sosialisasi, Pengetahuan, Motivasi, Minat, InvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi pengaruh sosialisasi, pengetahuan, dan motivasi terhadap minat investasi nasabah BRI Danareksa Sekuritas cabang NTB di pasar modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebar kuesioner kepada 114 responden melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat investasi para nasabah BRI Danareksa Sekuritas cabang NTB di pasar modal, sedangkan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi nasabah BRI Danareksa Sekuritas cabang NTB di pasar modal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pihak penggerak pasar modal dalam menarik minat investor atau bagi mahasiswa lainnya untuk proses penelitian.
References
Achsien, I. (2003). Investasi Syariah di Pasar Modal: Menggagas Konsep dan Praktek Manajemen Portofolio Syariah. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Adhyaksa, dian puspita sari. (2018). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENUMPANG (Studi Kasus Di PT. PELNI Cabang Semarang), 4(80), 4.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.
Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh manfaat, pengetahuan, dan edukasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Li Falah?: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 129. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1367
Amhalmad1, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 734. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7851
Asba, M. Y. A. (2013). Pengaruh pengetahuan tentang efek syariah terhdap motivasi berinvestasi di pasar modal syariah (studi kasus di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang). Pengaruh Pengetahuan Tentang Efek Syariah Terhdap Motivasi Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Di Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang), l, 5–24.
Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MANFAAT INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, MODAL MINIMAL INVESTASI DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Cahya, B. T., & Kusuma, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7(2), 192–207. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/2182/1774
Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297
Erna, F. (2008). Merek dan Pisikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graham Ilmu.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multitrave dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, F., & Kayati, K. (2020). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Pendapatan dan Umur Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.942
Hidayat, L., Muktiadji, N., & Supriadi, Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2), 63. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i2.215
Karima, L. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Melakukan Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). Fakultas Ekonomi UII, 1(1), 1–128.
KBBI. (2021). KBBI.
Modal, T. S. A. E. P. I. D. R. P. (2006). ANALISA EFEKTIFITAS PENYEBARANINFORMASI DALAM RANGKASOSIALISASI PASAR MODAL. https://www.scribd.com/doc/78868202/Studi-Efektifitas-an-Informasi
Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Inovasi, 14(2), 113. https://doi.org/10.29264/jinv.v14i2.4119
Muklis, F. (2016). Perkembangan Dan Tantangan Pasar Modal Indonesia. Al Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan), 1(1), 1–12.
OJK. (2021). No Title. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Syariah.aspx
Pratama, A., & Lastiati, A. (2020). The Influence Of Knowledge, Learning Motivation And Capital Market Socialization On Investment Accounting. Jurnal SIKAP, 5(1), 104–121.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulastyawati, D., Noprizal, N., & Kurniawan, O. (2018). Analisis Strategi Sosialisasi Pasar Modal Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal. EcceS (Economics, Social, and Development Studies), 4(2), 103. https://doi.org/10.24252/ecc.v4i2.4422
Wardani, D. K., & .Supiati. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal dan Persepsi atas Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2044
Wiandiri, T. (2020). pengaruh sosialisasi dan edukasi bursa efek indonoesia terhadap minat menabung saham mahasiswa s1 perbankan syariahangkatan 2016 IAIN metro. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Zulchayra, Z. (2020). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan terhadap Minat Investasi di Pasar Modal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.