PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Yusvita Aprilyan Universitas Mataram
  • Elin Erlina Sasanti Universitas Mataram
  • Nurabiah

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216

Keywords:

E-commerce, Pendapatan UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian dilakukan pada 70 UMKM Kabupaten Lombok Barat yang sudah menggunakan e-commerce dan terdaftar di Dinas koperasi dan UMKM dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kabupaten Lombok Barat yang artinya semakin tinggi penggunaan e-commerce pada UMKM maka semakin meningkat pendapatan UMKM di Kabupaten Lombok Barat. Implikasi dari penelitian ini adalah nantinya akan membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya serta memberikan informasi kepada Dinas koperasi tentang pentingnya e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat.

References

Anna, Y., & Diantami, L. (n.d.). Dampak Pengembangan UMKM Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Upaya Mengurangi Angka Pengangguran Di Kota. 465–473.

Arifianto, E. Y., & Coiri, M. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pebelajaran Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.67

Darnis, F., Azdy, R. A., Stmik, ), & Rahmat, P. J. B. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 29(1), 275–278. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584

Djkn.kemenkeu.go.id. (n.d.). Ekonomi Indonesia.

EHan, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Journal E-Commerce. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). Analisis Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatanpendapatan Umkm Kuliner Kecamatan Sawangan - Depok. Excellent, 7(1), 56–68. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.626

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Iii, B. A. B. (2015). Bab iii metode penelitian 3.1. 56–78.

Lombokbaratkab.bps.go.id. (n.d.). Statistik daerah kabupaten lombok barat?.

Lombokbaratkab.bps.go.id. (1369). Statistik daerah kabupaten Lombok Barat.

Lukmono, A. (2014). Regulasi hukum dalam Transaksi E-commerce:Menuju Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309

Nasri, A. F. D. (2020). Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. 24. htttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4704/1/SKRIPSI al- fadlilah pdf .pdf

Ramdhani, L. S., Susilawati, D., & Saputra, R. A. (2020). Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula Dari ristekdikti. 0416098403.

Riswandi, B. A. (2002). Regulasi Hukum dalam Transaksi E-Commerce: Menuju Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 9(19), 135–144. https://doi.org/10.20885/iustum.vol9.iss19.art10

Saputro. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Business To Consumer (B2C) Marketplace Untuk Pengembangan Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah (Umkm). JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.35891/jkie.v7i1.2092

Simanjuntak, E. P. (2020). Dampak Penggunaan E-commerce terhadap Peningkatan Hasil Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Provinsi DKI Jakarta. September, 1–64. https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/2359

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181

Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4840

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Tedjasuksmana, B. (2020). Membangun Lingkungan Bisnis UMKM Dalam Pemanfaatan Digital Financial Technology. PROSIDING Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (SEMITAN II), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), 387–390.

ukmi.indonesia.id. (2012). UMKM Indonesia. In Buku Dosen-2014. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/BDS/judul/00000000000000084343/0

Wida, putu ayu mira witriyanti, Yasa, N. nyoman kerti, & Sukaatmadja, I. P. G. (2020). Technology Acceptance Model: ??? ???????? ?? ??????????? ???????????. 96. https://www.google.gr/_/chrome/newtab?espv=2&ie=UTF-8

Yatana Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Nurabiah. (2022). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216