ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMENDI INDOMARET KOTA MATARAM

Authors

  • Sopan Sopian Hadi Universitas Mataram
  • Rusdan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v1i3.1271

Keywords:

store atmosphere,, eksterior toko,, store layout,, interior point of interest display

Abstract

This study aims to investigate the influence of store atmosphere, which consists of a number of variable such as exterior, interior store layouts and pointr of interest display, on the consumers interest to purchase in the Indomaret store in Mataram City. This study uses the theorie s of marketing management related to store atmosphere and consumers interest to purchase. This study employed an associative approach. A purposive sampling method was used to collect data from 100 respopndents who had already visited Indomaret stores in Mataram City. The instruments for data collection were a questionnaire and documentation study. The data collected were analyzed with a multiple linear regression method.Result of the study show that the variable of general interiot of MataramIndomaret stores influenced very significantly on the counsumers interest to buy. Meanwhile, other variables, such as the shop exterior, store layout, and interior displays a point of interest, did not affect the consumers interest tu buy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwityanti, Esthi.2008. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen

layanan internet banking Mandiri, Universitas Diponegoro Semarang

Engel, F James., dkk. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Binarupa Aksara, Jakarta

Ferdinand, Augusty 2006.Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk

Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Edisi kedua,

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Imam.2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap

keputusan pembelian pada swalayan indomaret klakah kabupaten Lumajang.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Irianti, Erlita Yuli, 2011. Analisis factor yang mempengaruhi minat konsumen untuk

berbelanja pada Giant Hypermarket Maspion Surabaya, Universitas Narotama

Surabaya

Karmela, Lili dan Junaedi, Jujun. 2009. Pengaruh store athmosphere terhadap minat beli

konsumen pada toserba Griya Kuningan. Jurnal Equilibrium, Vol.5, No.9, (94-

.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:

Indeks.

_______. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo

Malhotra .2009. Riset Pemasaran (jilid1 satu) Pendekatan terapan, Jakarta : PT. Indeks

Meldarianda, Resti dan Lisan S. Henky. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap minat

beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi

(JBE), September 2010Vol. 17, No. 2, , Hal. 97 – 108Dwityanti, Esthi.2008. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen

layanan internet banking Mandiri, Universitas Diponegoro Semarang

Engel, F James., dkk. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Binarupa Aksara, Jakarta

Ferdinand, Augusty 2006.Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk

Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Edisi kedua,

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Imam.2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap

keputusan pembelian pada swalayan indomaret klakah kabupaten Lumajang.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Irianti, Erlita Yuli, 2011. Analisis factor yang mempengaruhi minat konsumen untuk

berbelanja pada Giant Hypermarket Maspion Surabaya, Universitas Narotama

Surabaya

Karmela, Lili dan Junaedi, Jujun. 2009. Pengaruh store athmosphere terhadap minat beli

konsumen pada toserba Griya Kuningan. Jurnal Equilibrium, Vol.5, No.9, (94-

.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:

Indeks.

_______. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo

Malhotra .2009. Riset Pemasaran (jilid1 satu) Pendekatan terapan, Jakarta : PT. Indeks

Meldarianda, Resti dan Lisan S. Henky. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap minat

beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010Vol. 17, No. 2, , Hal. 97 – 108

Nasir, M., 1999.Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Natalia, Lia. 2007. Studi mengenai Analisis factor persepsi yang mempengaruhi minat

konsumen untuk berbelanja pada Giant Hypermarket Bekasi. Universitas

Gunadarma. Jakarta

Priyono, Eddy. 2006, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam

Memilih Kafe di Kota Surakarta”, Jurnal Ilmiah dan Ilmu Ekonomi, VOL 10

(No.1 hal 47-62). Universitas Muhammadiyah Surakarta

Schiffman, G. Leon., Lazar, Leslie. 2004. Perilaku Konsumen, edisi ketujuh. Indeks, Jakarta.

Sigit Triyono, 2006 Sukses Terpadu Bisnis Ritel, PT. ElexMedia Komputindo:: Jakarta

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Surya, Aristo &Setiyaningrum, Ari.(2009).Journal of Business Strategy and Execution2

.hal 13 – 39. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Susanti, Anita. 2007. Analisis Perbandingan Persepsi KonsumenMinimarket Indomaret

Dengan Alfamart Di Komplek Cahaya Kemang Permai Kecamatan Pondok Gede

Kota Bekasi. Universitas Negeri Semarang, Semarang

Swastha, Basudan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Yoestini dan Eva Sheilla Rahma. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra

Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan (Studi Pada

Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang)”. Jurnal Sains

Pemasaran Indonesia.Vol.VI, No. 3, hlm.261-215.

Downloads

Published

2024-07-25