ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMENDI INDOMARET KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v1i3.1271Keywords:
store atmosphere,, eksterior toko,, store layout,, interior point of interest displayAbstract
This study aims to investigate the influence of store atmosphere, which consists of a number of variable such as exterior, interior store layouts and pointr of interest display, on the consumers interest to purchase in the Indomaret store in Mataram City. This study uses the theorie s of marketing management related to store atmosphere and consumers interest to purchase. This study employed an associative approach. A purposive sampling method was used to collect data from 100 respopndents who had already visited Indomaret stores in Mataram City. The instruments for data collection were a questionnaire and documentation study. The data collected were analyzed with a multiple linear regression method.Result of the study show that the variable of general interiot of MataramIndomaret stores influenced very significantly on the counsumers interest to buy. Meanwhile, other variables, such as the shop exterior, store layout, and interior displays a point of interest, did not affect the consumers interest tu buy.
Downloads
References
Dwityanti, Esthi.2008. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
layanan internet banking Mandiri, Universitas Diponegoro Semarang
Engel, F James., dkk. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Binarupa Aksara, Jakarta
Ferdinand, Augusty 2006.Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk
Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2005. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Edisi kedua,
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Imam.2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap
keputusan pembelian pada swalayan indomaret klakah kabupaten Lumajang.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Irianti, Erlita Yuli, 2011. Analisis factor yang mempengaruhi minat konsumen untuk
berbelanja pada Giant Hypermarket Maspion Surabaya, Universitas Narotama
Surabaya
Karmela, Lili dan Junaedi, Jujun. 2009. Pengaruh store athmosphere terhadap minat beli
konsumen pada toserba Griya Kuningan. Jurnal Equilibrium, Vol.5, No.9, (94-
.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:
Indeks.
_______. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo
Malhotra .2009. Riset Pemasaran (jilid1 satu) Pendekatan terapan, Jakarta : PT. Indeks
Meldarianda, Resti dan Lisan S. Henky. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap minat
beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi
(JBE), September 2010Vol. 17, No. 2, , Hal. 97 – 108Dwityanti, Esthi.2008. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
layanan internet banking Mandiri, Universitas Diponegoro Semarang
Engel, F James., dkk. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Binarupa Aksara, Jakarta
Ferdinand, Augusty 2006.Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk
Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2005. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Edisi kedua,
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Imam.2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap
keputusan pembelian pada swalayan indomaret klakah kabupaten Lumajang.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Irianti, Erlita Yuli, 2011. Analisis factor yang mempengaruhi minat konsumen untuk
berbelanja pada Giant Hypermarket Maspion Surabaya, Universitas Narotama
Surabaya
Karmela, Lili dan Junaedi, Jujun. 2009. Pengaruh store athmosphere terhadap minat beli
konsumen pada toserba Griya Kuningan. Jurnal Equilibrium, Vol.5, No.9, (94-
.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:
Indeks.
_______. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo
Malhotra .2009. Riset Pemasaran (jilid1 satu) Pendekatan terapan, Jakarta : PT. Indeks
Meldarianda, Resti dan Lisan S. Henky. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap minat
beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010Vol. 17, No. 2, , Hal. 97 – 108
Nasir, M., 1999.Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Natalia, Lia. 2007. Studi mengenai Analisis factor persepsi yang mempengaruhi minat
konsumen untuk berbelanja pada Giant Hypermarket Bekasi. Universitas
Gunadarma. Jakarta
Priyono, Eddy. 2006, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam
Memilih Kafe di Kota Surakarta”, Jurnal Ilmiah dan Ilmu Ekonomi, VOL 10
(No.1 hal 47-62). Universitas Muhammadiyah Surakarta
Schiffman, G. Leon., Lazar, Leslie. 2004. Perilaku Konsumen, edisi ketujuh. Indeks, Jakarta.
Sigit Triyono, 2006 Sukses Terpadu Bisnis Ritel, PT. ElexMedia Komputindo:: Jakarta
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.
Surya, Aristo &Setiyaningrum, Ari.(2009).Journal of Business Strategy and Execution2
.hal 13 – 39. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Susanti, Anita. 2007. Analisis Perbandingan Persepsi KonsumenMinimarket Indomaret
Dengan Alfamart Di Komplek Cahaya Kemang Permai Kecamatan Pondok Gede
Kota Bekasi. Universitas Negeri Semarang, Semarang
Swastha, Basudan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Yoestini dan Eva Sheilla Rahma. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra
Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan (Studi Pada
Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang)”. Jurnal Sains
Pemasaran Indonesia.Vol.VI, No. 3, hlm.261-215.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.