PENGARUH DIGITAL MAREKTING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (STUDI PADA OTA)

Authors

  • Putu Satcitanandadewi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Trisnasari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v12i1.1534

Keywords:

Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Stay Decision

Abstract

Kegiatan penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh aspek variabel digital marketing dan aspek variabel electronic word ofmouth terhadap keputusan menginap. Peneliti melakukan proses pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Peneliti menggunakan populasi yaitu konsumen (tamu) yang usianya telah mencapai 18 tahun ke atas. Dalam melakukan proses perhitungan sampel akan digunakan rumus yang disebut Lemeshow. Teknik analisis yang digunakan dalam hal ini adalah regresi linier berganda dan sebelumnya telah dilakukan proses pengujian instrumen dan proses pengujian asumsi klasik dengan tujuan untuk mengetahui keakuratan hasil yang diperoleh dengan bantuan dukungan program SPSS versi 26.0 for windows. Hasil kegiatan penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel aspek digital marketing dan variabel electronic word ofmouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menginap (2) variabel aspek digital marketing menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap dan ( 3) Variabel aspek electronic word of Mouth menunjukkan pengaruh yang bernilai positif dan signifikan terhadap keputusan menginap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghizzawi, M. (2019). The role of digital marketing in consumer behavior: A survey. Int. J. Inf. Technol. Lang. Stud, 3(1), 24-31.

Andara, R. T. (2022). Implementasi Program Digital marketing Pariwisata pada Era Industri 4.0 oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Azulmi, D., Nursiana, A., & Ingkadijaya, R. (2018). The Effect of Online Guest Review, Hotel Facilities and Online Travel Agent Price on Decision to Stay at Grand Rocky Hotel Bukittinggi: The Case of Traveloka. TRJ Tourism Research Journal, 2(2), 1-14.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Sumber: https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/29/kunjungan-wisatawan-domestik-ke-bali-per-bulan-2004-2018.html. Diakses pada tanggal 06 Maret 2022.

De Pelsmacker, P., Van Tilburg, S., & Holthof, C. (2018). Digital marketing strategies, online reviews and hotel performance. International Journal of Hospitality Management, 72, 47-55.

Hijrianti, R. A., Wibowo, L. A., & Dirgantari, P. D. (2019). Ekspektasi Pengunjung Situs Reservasi Hotel Online: E-WOM dalam Menciptakan Keputusan Pembelian. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(1), 28-35.

Kadir, P. A. (2020). Strategi Marketing melalui Online Travel Agent dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(2), 147-160.

Khmiadashvili, L. (2019). Digital marketing strategy based on hotel industry study in Tbilisi. International E-Journal of Advances in Social Sciences, 5(14), 922-927.

Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD. id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(3).

Marthasari, D., & Widjaja, D. C. (2020). Pengaruh ulasan online pada online travel agency (ota) terhadap minat pemesanan kamar hotel di surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 1-8.

Seo, E.-J., & Park, J.-W. (2018). A Study on The Effects of Social Media Marketing Activities on Brand Equity and Customer Response in the Airline Industry. Journal of Air Transport Management, 36.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, R. R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 62-70.

Tantriana, D., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Aksesibilitas, Experiential Marketing Dan Electronic word of mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 173-183

Downloads

Published

2023-02-13