Analisis keberkahan bulan Ramadhan bagi pedagang dalam meningkatkan kesejahteraan (studi kasus pedagang sembako di pasar Mandalika Kota Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.29303/konstanta.v4i1.1850Kata Kunci:
Bulan Ramadhan, Pedagang Sembako, PasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari tahu keberkahan bulan Ramadhan dirasakan bagi pedagang sembako di pasar Mandalika dalam meningkatkan kesejahteraan. Adapun metode yang digunakan dalam penelian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan metode dekriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di pasar Mandalika Kota Mataram. Purposive sampling adalah metode yang digunakan untuk menentukan informan, metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dengan datangnya bulan Ramadhan pedagang sembako merasakan keberkahan bulan Ramadhan yang berupa peningkatan pendapatan selama bulan Ramadhan berlangsung, walaupun satu diantara 4 pedagang tidak merasakan peningkatan yang signifikan. Untuk alokasi pendapatan sebagian besar pendapatan para pedagang sembako digunakan sebagai tambahan modal, 2 diantara 4 pedagang melakukan zakat pendapatan atau zakat mal setiap tahunnya.
Referensi
Alif, M. Haqiqi. Salah Kaprah Ngalap Berkah, cet. ke-1, Jombang, Lintas Media, 2007.
Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2014). Digitalisasi pasar tradisional: Perspektif teori perubahan sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 1-12.
Badi'ah, R., Wiratama, D., Pratama, M. A. N., Kumala, I. W., & Indira, I. (2024). Berbagi keberkahan: pendampingan usaha “Es Bahagia” sebagai wujud kepedulian sosial di bulan ramadhan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1627-1638.
Buaq, D., & Lorensius, L. (2022). Internalization of Pancasila Values in Catholic Schools: Efforts to Strengthen National Commitment. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(1), 47-59.
Fitriyah, F. (2016). Pengaruh Pendapatan, Dana Talangan Haji dan Religiusitas Terhadap Keputusan nasabah Mendaftar haji. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 1(1).
Gonibala, N. dkk. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kitamobagu. Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01), 56–67.
Gonibala, N. dkk. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kitamobagu. Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01), 56–67.
Hafidhuddin, Didin. Agar Harta Berkah dan Bertambah Gerakan Membudayakan Zakat Infak
Lintang, F. L. F., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79-85.
Ma’arif, S. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pasar bandarjo ungaran kabupaten semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 1-8.
Mankiw, N. G. (2014). Principles of Economics (7th ed.). Cengage Learning.
Nugroho, F. (2012). Strategi Kreatif Kampanye Iklan untuk Menarik Mahasiswa Baru (Studi Kualitatif Kampanye Iklan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011/2012) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sardar, Z., & Hr, M. N. (2016). Kesejahteraan dalam perspektif islam pada karyawan bank syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3(5), 315443.
Sukirno, S. (2011). Makroekonomi: Teori Pengantar (Edisi ke-5). Rajawali Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 David Hamdani David, Busaini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.