Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan ShopeePay

Authors

  • Baiq Inten Diah Witari Universitas Mataram
  • Nina Karina Karim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v4i3.1247

Keywords:

Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, ShopeePay Usage

Abstract

This study aims to analyze the effect of perceived usefulness and perceived ease of use on ShopeePay usage. This research uses a quantitative associative approach with a purposive sampling technique, where respondents are the people of Mataram city aged 17-35 years. Data were collected through questionnaires from 105 respondents and analyzed using multiple linear regression. The results of the study show that perceived usefulness has a positive and significant effect on ShopeePay usage, while perceived ease of use does not have a significant effect on ShopeePay usage.

References

Anthony, L., & Sama, H. (2021). Studi Kualitatif Mengenai Faktor Penerimaan Aplikasi E-Commerce Shopee Dan Fintech Shopeepay Bagi Masyarakat Senior. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 678–686.

Arfiansyah, M. A., Vebriani, D., & Makarim, A. (2023). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KEGUNAAN DAN TINGKAT RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT SUKOHARJO MENGGUNAKAN SHOPEEPAY. 4(April), 9–17.

Brahmanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay di Surabaya. Sains Manajemen, 7(2), 97–108. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.3580

Cahyo, A. D., Tresnati, R., & Ansari Harahap, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi terhadap Minat Penggunaan E-money Shopeepay. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1280–1285.

Davis, F. D. (1989). 249008. Perceived Usefuness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology, 13(3), 1–23.

Fadlan, A. (2018). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING (STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA MOBILE Gea, N. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-Wallet Fintech.

Hendriyawan, N. N., & Mayangsari, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 3–9.

Intan Berlianawati, D., Nurabiah, & Ridhawati, R. (2024). Exploring The Mind of Gen Z: Deciphering E-wallet Adoption Through the Lens of TPB Theory. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 19(1). https://doi.org/10.24843/JIAB.2024.v19.i01.p09

Kahar, A., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). The Influence of Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Security on Repurchase Intention at Tokopedia.com. August. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.20

Karim, N. K., Atikah, S., & Lenap, I. P. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Pembayaran Elektronik Non-Bank. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 39–59. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.147

Kinanti, S. A., & Mukhlis, I. (2022). Analysis Of The Influence Of Perception Factors On Interest In Using E-Wallet Shopeepay. Jurnal Ekonomi Balance, 18(2), 264–275.

Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118

Mulyani, A. Y., Sabanni, S. R., Nabila, A., & Siliwangi, U. (2022). Persepsi Mahasiswa Universitas Siliwangi Mengenai Penggunaan E-Wallet (ShopeePay) Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4), 95–106.

Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY (Studi Pada Pengguna ShopeePay di Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2),

–198. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13486

Novia Ardana Putri dan Nurabiah. (2024). Determinan Penggunaan E-Wallet DANA Sebagai Alat Transaksi Di Kalangan Mahasiswa Akuntansi Universitas Mataram Pendahuluan Jumlah Pengguna E-Wallet di Indonesia. Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 7(1), 27.

Nurabiah, Pusparini, H., & Fitriyah, N. (2023). Determinan Penggunaan E-Money dengan Pendekatan Model UTAUT 2 dan Risiko yang Dirasakan. E- Jurnal Akuntansi, 33(1), 180–201. https://doi.org/10.24843/EJA.2023.v33.i01.p14

Nurabiah, Pusparini, H., Fitriyah, N., Isnaini, Z., & Mariadi, Y. (2018). Analisis Hubungan Kontrol Keamanan, Reputasi E-Vendor, Keakraban, Dan Perceived Reputation Dengan Kepercayaan Dalam Penggunaan E-Commerce. Jurnal Riset Akuntansi, Aksioma, 17(1), 20–36.

Nurabiah, Pusparini, H., & Mariadi, Y. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253.

Nustini, Y., & Adhinagari, A. H. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model Pada Penggunaan E-Money Studi Pada Wilayah Non Perkotaan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2), 97–111. https://doi.org/10.21831/nominal.v9i2.30471

Putri, A. W., Andriani, W., & Surya, F. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Ease of Use, Security dan Risk terhadap Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Accounting, 1Informati (2), 80–87.

Ramadhan, S., Karim, N. K., & Nurabiah. (2024). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan risiko terhadap keputusan pembelian menggunakan pembayaran shopee paylater. Jurnal Ganec Swara, 209–217.

Safitri, D. D., & Diana, N. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahaan Pengguna Pada Minat Penggunaan Dompet Elektronik (OVO) Dalam Transaksi Keuangan. E-Jra, 9(5), 92–107.

Setiawan, R. A., & Siregar, O. M. (2023). The Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Behavior Intention Digital Payment OVO in Pematangsiantar City. Icosop 2022, 129–133. https://doi.org/10.5220/0011558300003460

Sukma, B. M., & Dwijayanti, R. (2022). The Effect of Easy Perceptions and Risk Perceptions on Interest in Using Electronic Money Paying Systems in Ecommerce Shopee Applications. Jurnal Mantik, 6(36), 431–439.

Sulfina, S., Yuliniar, Y., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Untuk Menggunakan Uang Elektronik (Shopeepay). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 105. https://doi.org/10.21460/jrak.2021.172.401

Tahar, A., Riyadh, H. A., Sofyani, H., & Purnomo, W. E. (2020). Perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security and intention to use e-filing: The role of technology readiness. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 537–547.

https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.537

Tatian, C. T., Ridhawati, R., Thi, H., & Thao, P. (2024). From wallets to screens: Exploring the determinants of QRIS payment adoption among Millennials in Eastern Indonesia. JEMA:Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 87–113.

https://doi.org/10.31106/jema.v21i1.21712

Unsa, H. T., Hidayah, N., & ... (2022). The Effect of Ease and Security in Shopeepay Transactions on Increasing Interest in Buying the Kudus Community. Annual International …, 2(1), 73–83.

Wasana, I. D. P. T.., & Telagawathi, N. L. W. (2023). SHOPEEPAY SEBAGAI METODE PEMBAYARAN DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA. 9(2), 127–135.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Baiq Inten Diah Witari, & Karim, N. K. . (2024). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan ShopeePay. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(3), 457–468. https://doi.org/10.29303/risma.v4i3.1247