DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Rismayati Universitas Mataram
  • Lilik Handajani Universitas Mataram
  • Indria Puspitasari Lenap Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.232

Keywords:

Islamic Social Reporting, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Umur Perusahaan dan Leverage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi Islamic Social Reporting (ISR). Faktor-faktor yang digunakan antara lain adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan dan leverage. Pengukuran yang digunakan dalam Islamic Social Reporting menggunakan scoring index ISR yang dilakukan pada enam bidang dalam laporan tahunan perbankan syariah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbankan syariah yang terdaftar secara resmi di otoritas jasa keuangan (OJK) pada tahun 2017-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 perbankan syariah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting. Sedangkan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting.

References

Alfiyah, S. N. (2018) ‘Effect of Profitability and Leverage on Disclosure of Corporate Social Responsibility in Islamic Commercial Banks’, Journal of Finance and Islamic Banking, 1(2), pp. 133–149.

Anggraini & Wulan (2015) ‘Faktor Financial -Non Financial Dan Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)’, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 2(2), pp. 161–184. doi: 10.35836.

Armayanti, Y. (2018) Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting ( ISR ) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.

Astuti (2014) Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Syariah Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitria, S. (2010) ‘Islam Dan Tanggung Jawab Sosial?: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks Dan Islamic Social Reporting Indeks’, pp. 1–46. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Fremeen, R. E. (1984) ‘A Stakeholder Approach to Strategic Management’, SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.263511.

Hadinata, S. (2020) Islamic Social Reporting Index dan Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah di Indonesia. ekonomi dan bisnis.

Handayani, H. D. (2020) Pengaruh Ukuran Bank, Profitabilitas, Leverage Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015-2018).

Haniffa, R. (2002) ‘Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective’, On Indonesian Management And Accounting Research, 1, pp. 128–146.

Hidayah, K. and Wulandari, W. M. (2017) ‘Determinant Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Pertanian Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2012-2015’, Ikonomika, 2(2), p. 213. doi: 10.24042.

Janra, D. M. (2015) ‘Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosialperusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010-2013)’, E-Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, 3(1), p. 15.

Kasih, A. M. (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maghfur, M. Z. (2018) Pengaruh Firm Size, Firm Age, Profitability Dan Islamic Corporate Governance Terhadap Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia, Skripsi. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Maisaro, M. (2020) Pengaruh pembiayaan murabahah dan financing to deposit ratio(fER) terhadap non perfoming financing (NPF) pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah tahun 2010-2019. IAIN Padangsidipuan.

Mansur, S. (2012) Pelaporan Corporate Social. Universitas Hasanuddin.

Merina, C. I. and Verawaty, V. & (2016) ‘Analisis Komparasi Indeks Islamic Social

Reporting Perusahaan Perbankan Syariah Dan Perusahaan Go Publik Yang Listing Di Jakarta Islamic Index’, Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 12(2). doi: 10.24127/AKUISISI.V12I2.100.

Othman, R., Thani, A. M. and Ghani, E. K. (2009) ‘Determinants Of Islamic Social Reporting Among Top Shariah -Approved Companies In Bursa Malaysia’, Research Journal of International Studies, 12(12), pp. 4–20.

Prasetyoningrum, A. K. (2018) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia’, MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), pp. 147–162.

Pratama, M. & W. (2018) ‘Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting(Isr) Pada Perbankan Syariah Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating’, pp. 104–115.

Putri, T. K. (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Tahun 2011-2012, Diponegoro Journal of Accounting. Universitas Diponegoro.

Raditya, A. N. (2012) Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES). Universitas Indonesia.

Ramadhani, F. (2016) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting’, JOMFekom, pp. 2487–2500.

Santoso & Haq (2017) ‘Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia’, 4(2), pp. 125–142.

Sari, R. Y. (2018) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2013-2017.

Suchman, M. C. (1995) Managing Legitimacy: Strategic and Institutional Approaches.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastiningrum, D. (2013) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Terhadap Islamic Social Reporting Laporan Tahunan yang Terdapat Pada Perbankan Syariah Periode 2010 – 2012. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Taufik, T., Widiyanti, M., & Rafiqoh, R. (2015) ‘Pengaruh Islamic Governance Score, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Islamic Social Reporting Index Pada Bank Umum Syariah di Indonesia’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(2), pp. 177-198.

Tria Karina Putri & Etna Nur Afri Yuyetta (2014) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2011-2012’, Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 3, pp. 1–9.

Widiawati, S. (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan - Perusahaan Yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011. Universitas Diponegoro Disusun.

Wulandari, D. S. (2017) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Umur Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Pada Perusahaan Yang Listing Di Jakarta Islamic Index (Jii) Periode Tahun 2013-2014. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Yulianto, A. K. M. dan A. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Bank Syariah’, Accounting Analysis Journal, 5(1), pp. 1–8.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Rismayati, Handajani, L. ., & Lenap, I. P. . (2022). DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 347–361. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.232