Determinan Minat Investasi Generasi Z

Authors

  • Santi Novia Universitas Mataram
  • Eni Indriani Universitas Mataram
  • Robith Hudaya Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.383

Keywords:

Pengetahuan Investasi, Kemampuan Finansial, Persepsi Risiko, Minat Investasi Gen Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi, kemampuan finansial dan persepsi risiko terhadap minat investasi generasi z melalui platform digital. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Mataram, dengan sampel dalam penelitian ini 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah investasi dan pasar modal dan mahasiswa yang sudah memiliki akun investasi. Tehnik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM dengan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, kemampuan finansial dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi generasi z melalui platform digital.

References

Ademola, S. A., & Musa, A. S. (2019). Moderating Effect of Risk Perception on Financial Knowledge, Literacy and Investment Decision. In American International Journal of Economics and Finance Research (Vol. 1, Issue 1). www.acseusa.org/journal/index.php/aijefr

Aisyah azizah, N. (2015). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pengaruh marketing MIX dan kemampuan finansial terhadap minat infestasi Reksadana Syariah?: studi pada UIN Jakata dan Tazkia Bogor. GoogleScholar. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30736

CNBC Indonesia. (2022). Investor di BEI Tembus 7,75 Juta, Didominasi Milenial &Gen-Z.CNBCIndonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220125105039-17-310196/investor-di-bei-tembus-775-juta-didominasi-milenial-gen-z

Darmawan, A., & Japar, J. (2020). Investment Knowledge, Minimal Capital, Capital Market Training and Motivation for Influence of Investment Interest in Sharia Capital Markets.

Daud. (2018). Pengaruh Marketing Mix dan Kemampuan Finansial terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah. In Tesis. Magister Ekonomi Syariah Konsentrasi Perbankan Dan Lembaga Keuangan Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fahreza, M., & Surip, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal SWOT, VIII(2), 346–361.

Fitriani. (2021). Pengaruh Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi Dan Modal Minimal Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. 59.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, A. (2018). Pengaruh Layout Galeri, Product Knowledge dan Kemampuan Finansial terhadap jumlah investor di Galeri investasi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24297

Hikmah, & Rustam, T. A. (2020). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 131–140. file:///C:/Users/Toshiba/Pictures/proposal akun 1/210-734-1-PB.pdf

Jinnah, M. A. (2016). Impact of Financial Literacy, Financial Knowledge, Moderating Role of Risk Perception on Investment decision. http://ssrn.com/abstract=2727890https://ssrn.com/abstract=2727890Electroniccopyavailableat:http://ssrn.com/abstract=2727890https://ssrn.com/abstract=2727890Electroniccopyavailableat:http://ssrn.com/abstract=2727890

Kristianto, A. (2021). Geliat Kaum Milenial & Gen Z Bikin Investasi di BEI Melesat.CNBCIndonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20211130185756-18-295627/geliat-kaum-milenial-gen-z-bikin-investasi-di-bei-melesat

Listyani, T. T., Rois, M., Prihati, S., Keuangan, A., Akuntansi, J., Soedarto, J. H., Semarang, K., & Tengah, J. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan(Akunbisnis),2(1),49–70. https://doi.org/10.32497/Akunbisnis.V2i1.1524

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 61. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118.

Nisa, A. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara). Jurnal Penelitian Teori & TerapanAkuntansi(PETA),2(2),22–35. https://doi.org/10.51289/peta.v2i2.309

Nugroho, A. (2020). Platform Digital Pemacu Investasi Milenial - Analisis Data Katadata.co.idDataKata. https://katadata.co.id/adityanugroho/analisisdata/6201350e2535e/platform-digital-pemacu-investasi-milenial

Nyoman Sri Rahayu Trisna Dewi, N., Fridagustina Adnantara, K., Herry Sugiarto Asana, G., Triatma Mulya, S., Kubu Gunung, J., & Jaya, T. (2017). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi. Jia (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 2(2), 173–190. https://doi.org/10.23887/JIA.V2I2.15636

Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 37. https://doi.org/10.23969/JRBM.V12I1.1524

Rahmi, R. A., Supriyanto, T., & Nugrahaeni, S. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Minat Berinvestasi Generasi Z Pada Reksadana Syariah.

Rosyid Nur Ismail, A., Noviartati, K., Rizalul Fikri, A., Matematika, P., & Al Hikmah Surabaya, S. (2021). Investasi Digital Sebagai Solusi Mengurangi Perilaku Konsumtif Milenial Masa Pandemi Covid-19. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital

Sita, D. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi. Ilmu Manajemen,Vol7,No.,192–201. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25386/23267

Subaida, I., & Hakiki, F. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 152–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.152

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (26th ed.).CV Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Novia, S., Indriani, E., & Hudaya, R. . (2023). Determinan Minat Investasi Generasi Z. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 103–115. https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.383