ANALISIS SISTEM INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UMKM INDUSTRI MAKANAN DI KOTA MATARAM YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.29303/risma.v3i2.541Keywords:
Tingkat Penjualan, UMKM, E-CommerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penjualan produk pada industri UMKM yang menggunakan aplikasi layanan jasa pesan antar sebelum dan saat covid-19 dan kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat penjualan 30 gerai pada saat tahun pertama Covid-19 mengalami penurunan sebesar 32% dibandingkan pada pandemi Covid-19 tahun kedua, pada tahun kedua ini gerai UMKM mendapatkan kenaikan penjualan sebesar 6%. Untuk media penjualan online yang lebih banyak digunakan oleh ke-30 gerai UMKM ialah aplikasi GrabFood. Penelitian ini dapat memberikan gambaran bagaimana e-commerce dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan pendapatan mereka dimasa pandemi Covid-19. Dengan ini para pelaku UMKM bisa mendapatkan manfaat saat menggunakan e-commerce baik itu secara langsung maupun tidak langsung bagi UMKM yang ada di Kota Mataram.
References
Adi, P., & Permana, G. (2018). Penerapan Metode TAM ( Technology Acceptance Model ) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. 10(1), 1–7.
Aldi, Y. P., & Wahyuddin, M. I. (2022). Sistem Informasi Penjualan Makanan Menggunakan Metode User Centered Design Berbasis Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 786–793.
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.
Bysuarantb.com. (2020). Terdampak Pandemi, Baihaqi Siapkan Resep Pulihkan UMKM Mataram. Suarantb.Com. https://www.suarantb.com/2020/10/08/terdampak-pandemi-baihaqi-siapkan- resep-pulihkan-umkm-mataram/.Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Hormonal. Universitas Diponegoro, October, 14. https://www.researchgate.net/publication/328600462.
Effendy, A. A., Mas, M., & Murtiyoko, H. (2021). Implementation of Digital Marketing Strategies to Increase Sales during the Covid-19 Pandemic ( Study on MSMEs in South Tangerang City ). 9(1), 155–162.
Eka, W., Lestariana, D. S., & Nanik, S. (2021). Pentingnya E-Commerce bagi UMKM pada Masa Pandemi di RT.03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali. Jurnal ABDIKMAS UKK, 1(2), 115–121.
Ekowati, M. A. S., SM Santi WInarsih, Retno Palupi, & Cicik Sudaryantiningsih. (2018). Analisa Dan Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Martabak Pak Hardi. Prosiding Seminar Nasional ReTII, 0(0). https://journal.sttnas.ac.id/ReTII/article/view/595/500.
Gunawan, C. I., Solikhah, S. Q., & Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era Covid-19. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN
BISNIS, 9(2), 200–207. https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i2.3639.
Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39.
Hayati, R. (2022). Pengertian Responden Penelitian dan 2 Contohnya. Penelitianilmiah.Com.
Hidayat, A. (2013). Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). Statistikian.Com. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html.
Hidayat, Nugroho, Z., Santoso, P. B., & Choiri, M. (2014). Penjualan dan Pemasaran ( Studi Kasus?: UD . La Tanza Kecamatan Dau Malang ) The design and implementation of e-commerce system by using openchart cms in efforts to increase sales and marketing4 ( Case Study?: UD . La Tanza Kecamatan Dau Malang ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), 219–229.
Hijran, M., & Oktariani, D. (2021). Peran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Pengembangan Sistem Ekonomi Kerakyatan Saat Pandemi Covid-19 Menurut Undang-Undang 1945. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 95–101.
Junaedi, D. (2020). dampak pandemi covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi di negara negara yang terdampak. Jurnal.Bppk.Kemenkeu.Go.Id.
Kasmi, K., & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), 109.
Kusuma, H., Hakim, L., Nugroho, A., & Kasimin, S. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis E-Commerce Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Pangan Di Kota Banda Aceh (Effectiveness of E-Commerce Based Information Technology Usaha Mikro, Kecil and Menengah (UMKM) Food Products in . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 5(4), 108–117. www.jim.unsyiah.ac.id/JFP.
Lestari, R., Digdowiseiso, K., & Safrina, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Digital Marketing Umkm Industri Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan Saat Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 7(3), 10–27.
Liputan6.com. (2021). Pulih dari Pandemi, Pertumbuhan Ekonomi Bali Diramal Sentuh 4,6 Persen di 2022. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5084386/pulih-dari-pandemi- pertumbuhan-ekonomi-bali-diramal-sentuh-46-persen-di-2022.
Neno, M. S. (2021). Analisi Pemanfaatan Digital Marketing Pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba Di Masa Pandemi Covid 19. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 147–160. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816.
Pamungkas, A. (2022). Mengasah Teknik Analisis Data Kuantitatif untuk Berbisnis. Majoo.Id. https://majoo.id/solusi/detail/teknik-analisis-data- kuantitatif#:~:text=Secara umum%2C analisis data kuantitatif,penghitungan statistik untuk mempermudah penghitungan.
Pratiwi, M., & Arsyah, U. I. (2021). The Effectiveness of the Concept of CRM Application for SMEs during the COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1933(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1933/1/012026.
Prudential, P. (2020). Apa Itu Sebenarnya Pandemi COVID-19? Ketahui Juga Dampaknya di Indonesia. Prudential.Co.Id. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi- covid-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia/.
Putra, A. (2021). Analisis Data Kuantitatif, Kenali Analisis Deskriptif. Dqlab.Id. https://www.dqlab.id/analisis-data-kuantitatif-kenali-analisis-deskriptif.
Qothurunnada, K. (2021). Pengertian Variabel dan Jenisnya dalam Penelitian. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5821887/pengertian- variabel-dan-jenisnya-dalam-penelitian.
Raharjo, S. (2015). Angket Sebagai Teknik Pengumpulan Data. Konsistensi.Com. https://www.konsistensi.com/2013/04/angket-sebagai-teknik-pengumpulan- data.html.
Rudi Suprianto, Nining Harnani, L. S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu - Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537.
Salmaa. (2022). Populasi dan Sampel: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Lengkap. Penerbitdeeppublish.Com. https://penerbitdeepublish.com/populasi- dan-sampel/.
Septiningrum, L. D. (2021). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food and Beverage Di Era Pandemi Covid 19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 32–49. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.32638.
Sistem, P., Akuntansi, I., & Darmawan, R. A. (2021). BERBASIS WEB TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DAN RASIO. 3(2), 197–212.
Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Surya, B., Hernita, H., Salim, A., Suriani, S., Perwira, I., Yulia, Y., Ruslan, M., & Yunus, K. (2022). Travel-Business Stagnation and SME Business Turbulence in the Tourism Sector in the Era of the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(4), 1–37. https://doi.org/10.3390/su14042380.
Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 80–109. https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2018.
University, S. (2022). Penelitian Deskriptif, Tujuan Hingga Contohnya. Sampoernauniversity.Ac.Id. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/penelitian-deskriptif-tujuan- hingga-contohnya/.
Vinanti, S., & Lukiyanto, K. (2021). The 2 nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021) Universitas Widyagama Malang Perkembangan Digital Marketing Pada Home Industry Makanan Ringan Di Surabaya Raya Selama Pandemi Covid-19. Widyagama Conferences National Economics and Business, 02(01), 351–357. http://publishing- widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB.
Widiastuti, T. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional Umkm Di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 1(1),67.https://riptek.semarangkota.go.id/index.php/riptek/article/view/116%0Ahttps://riptek.semarangkota.go.id/index.php/riptek/article/download/116/89.
Yarlina, V. P., Huda, S., & ... (2021). Pengembangan Dan Pemasaran Produk Pangan Lokal Secara Digital Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat, 5(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4645.
Zulyanti, N. R., & Sari, T. P. (2022). Optimizing The Utilization Of E-Commerce- Based Information Technology As A Marketing Media To Increase Sales At Msme Outlets In Lamongan Regency During The Covid-19 Pandemic. 6, 446– 457.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lalu Muhamad Yafi Satria Wardana, Nurabiah, Animah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.