Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Dan Uang Saku Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.29303/risma.v3i3.790Keywords:
Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Uang Saku, Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, pengetahuan, religiusitas dan uang saku terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket) kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram dengan kriteria mahasiswa aktif angkatan 2019 sampai dengan 2021 yang beragama muslim dan sudah menempuh mata kuliah ekonomi syariah sehingga total sampelnya 350 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Hasil penelitian ini yaitu literasi keuangan syariah, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah. Akan tetapi, uang saku tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah. Penelitian ini terbatas pada literasi keuangan syariah, pengetahuan, religiusitas, dan uang saku sehingga perlu dikembangkan variabel lain agar lebih mendalam seperti lingkungan sosial, teman sebaya, promosi dan lain-lain.
Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Uang Saku, dan Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah.
References
A’inina, F. Q., Mardi, & Susanti, S. (2021). The influence of knowledge, religiosity, and pocket money on students interest for saving in sharia commercial banks. Wikipedia Ensiklopedia Bebas, 1, 1–11. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_komersial
Adiyanto, M. R., Setyo, A., Purnomo, D., & Madura, U. T. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.
Ajzen. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior (Second Edition). UK: Mc-Graw-Hill Education.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 5, 179–211.
Andrianto, & Firmansyah, A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). Yogyakarta: Qiara Media.
Dewi, T. K., & Permana, S. R. (2021). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas SuryaKancana Cianjur. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(2). https://doi.org/10.35194/arps.v1i2.1888
Faridah, N. L., Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2021). The effect of economic learning insert sharia economics, Product Knowledge, Social Environment, and Religiosity on Interest in Savings in Islamic Banks in Darul Ulum Islamic Boarding School Students Jombang. Technium Social Sciences Journal, 17, 235–243.
Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541
Fauzi, R. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), 37–46.
Honesty, F. F., Honesty, H. N., & Mike Yolanda. (2022). Effect Bank Reputation, Income and Disclosure of Accounting Information to Sharia Bank Preferences. … Conference On Economics …, 659, 47–54. https://www.atlantis-press.com/proceedings/piceeba-8-21/125976350
Ilham, D. M., Afifudin, & Sari, A. F. K. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Pada Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Feb Perbankan Syariah Universitas Islam Malang). El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 3(2), 98–108.
Iryani, R. M., & Kristanto, R. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah, Religiusitas, Lingkungan Sosial, Dan Uang Saku Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 191–202. https://doi.org/10.35829/magisma.v10i2.228
Luthfiana, R. A., & Sari, R. C. (2019). The Effect of Religiosity, The Level of Income, and The Level of Islamic Financial Literacy Toward The Interest of Student to Become Customers in Sharia Financial Institution. Jurnal Norminal, VIII(1), 109–121.
Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 07(3), 213–222.
Mirro Faricha Wati. (2014). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/10518
Nuradyta, A., & Sari, R. C. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Islamic Mini Bank Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akutansi UNY, Vol. 1(No. 1), 1–15.
Nurbaiti, Supaino, & Fadhilah, D. (2021). Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren di Bank Syariah. 1(2), 31–37.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153. https://doi.org/10.32627/maps.v3i2.135
Padmaninggar, A. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Jumlah Uang Saku Terhadap Minat Menabung Di Bank Umum Syariah (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2), 1–134.
Prastiwi, I. E., & Zuhdi, M. N. (2022). Analysis of Factors Affecting Interest in Saving in Islamic Bank: Knowledge, Social Environment and Psychological Factors. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 770. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i2.4777
Puji, P. S., & Hakim, L. (2021). Peran Gender sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Inklusi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p1-12
Rokhani, S., & Nurkhin, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Karakteristik Bank Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 235–243. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50651
Rosyid, M., & Saidiah, H. (2016). Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri dan Guru. Islaminomic, 7(2), 37–45.
Rozaini, N., & Amelia, R. H. (2022). Literasi Ekonomi Syariah Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Niagawan, 11(1), 93. https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.32924
Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.706
Safitri, F. A., Diana, N., & Rasyid, H. Al. (2020). Pengaruh religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap minat masyarakat menabung di lembaga keuangan syariah ( Study Kasus Masyarakat Desa Baruharjo , Kecamatan Durenan , Kabupaten Trenggalek ) Farizka Ananda Safitri *, Nur Diana **, Harun Al Rasyid. 1–14.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhea Indah Puji Lestari, Susi Retna Cahyaningtyas, Zuhrotul Isnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.