Literasi dan Inklusi Produk Perbankan Syariah Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Nasabah

Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 2

Penulis

  • Merisna Maolida Merisna Universitas Mataram
  • Eni Indriani Universitas Mataram
  • Adithya Bayu Suryantara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i4.910

Kata Kunci:

Literasi, Inklusi, Minat Investasi, Structural Equation Model

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi dan inklusi produk perbankan syariah terhadap minat investasi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari 110 responden yaitu nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dan Bootsrapping pada software SMARTPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan literasi produk perbankan syariah mempunyai hubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 2, dan inklusi produk perbankan syariah mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap minat investasi nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 2.

Referensi

Adiyanto, M. R., & Purnomo, A. S. D. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.

Ahni, I. (2022). PRODUK BANK SYARIAH ( Studi kasus pada masyarakat Desa Kejobong Kabupaten Purbalingga).

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, 211, 179–211. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Bakhari, S., Aziz, A., & Sarinah, R. (2020). Pengetahuan dan Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi pada Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15, 60–73.

Firdaus, M. (2005). Sistem Keuangan & Investasi Syariah.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis.

Hasundungan, S., & Purwanto, B. (2019). Literasi, Inklusi Keuangan, Penggunaan Poduk Fintech, dan Perilaku Investasi pada Generasi Milenial di Jabodetabek. Bogor:IPB.

Irjayanti, D. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan, Representativeness, Familiarity, dan Persepsi Risiko Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Pada Investor Surabaya dan Sidoarjo.

Kalbarini, R. Y. (2018). Implementasi Akuntabilitas dalam Shari’ah Enterprise Theory di Lembaga Bisnis Syari’ah (Studi Kasus: Swalayan Pamella Yogyakarta). Al-Tijary, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.21093/at.v4i1.1288

Karim, N. K., Atikah, S., & Lenap, I. P. (2022). Faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan pembayaran elektronik non-bank factors influencing the use of non-bank. 39–59. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.147

Lestari, A. E., Indriani, E., & Kartikasari, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Return, Persepsi Risiko, Gender dan Kemajuan Teknologi Tehadap Minat Investasi Mahasiswa. 2 No.4, 13.

Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syahriah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syahriah Dalam Transaksi E_Commerce | Jurnal Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam UHAMKA, 10(2), 208–226.

Nasution, A. W., & Fatira, M. (2019). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan Dan Perbakan Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 40. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4258

OJK. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Otoritas Jasa Keuangan, November, 10–12.

Puspitasari, V. E., Yetty, F., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Imbal Hasil, dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 122. https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i2.3292

Rahmawati, A., & Hamdan, A. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Terhadap Minat Penggunaan Produk-Produk Bank Syariah ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Warugunung Surabaya ). International Conference On Islam Education Management and Sharia Economics, 2(1), 377–397.

Sari, Y. W., Suyanto, S., & Darmayanti, E. F. (2020). Pengaruh Literasi, Inklusi Keuangan dan Perkembangan Financial Technology Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Muhammadiyah Metro). Journal Dinamika STIE Lampung 6.

Shofwa, Y. (2017). Pengaruh Motivasi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Jpa, 18(2), 290–301.

Sutejo, D. A. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7784

Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207

Diterbitkan

2023-12-15

Cara Mengutip

Merisna, M. M., Indriani, E., & Suryantara, A. B. (2023). Literasi dan Inklusi Produk Perbankan Syariah Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Nasabah: Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 2. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(4), 63–76. https://doi.org/10.29303/risma.v3i4.910