Pengaruh Religiusitas, Corporate Image Dan Pengetahuan Masyarakat Terahadap Minat Menabung Pada Bank NTB Syariah Di Lombok

Authors

  • Richa Pratiwi Universitas Mataram
  • Bambang Universitas Mataram
  • Yusli Mariadi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v4i1.984

Keywords:

Religiusitas, Corporate Image, Pengetahuan Masyarakat, Minat menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, corporate image, pengetahuan masyarakat terhadap minat menabung pada Bank NTB Syariah di Lombok. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Lombok Utara, dengan sampel dalam penelitian ini 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Lombok Utara. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara positif terhadap minat menabung, corporate image berpengaruh secara positif terhadap minat menabung, pengetahuan masyarakat berpengaruh secara positif terhadap minat menabung pada Bank NTB Syariah di Lombok. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pihak Bank NTB Syariah sebagai sumber referensi dan informasi dalam mengambil keputusan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat.

References

Alam, R. B., Animah, & Nurabiah. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal (Studi Pada Hotel Di Kabupaten Lombok Tengah). Jurnal Akuntansi, 10(02), 1–12. https://doi.org/10.26460/ja.v11i1.2990

Annisa, N. I. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Produk Perbankan, dan Pelayanan, terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah.

Arianto, H. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Alumni Pesantren Gontor tidak Menggunakan Perbankan Syariah.

Astuti, diah purbo. (2022). Pengaruh Disposable Income dan Religiusitas Santri Pondok Pesantren Darussalam Banyumas Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah.

Astuti, I. R., Masitoh, E., & Siddi, P. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta. Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 2(3).

Auliya, B., Salsabilla, N., Handajani, L., & Nurabiah. (2023). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude Dan Locus Of Control Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Mataram. Jurnal Ekombis Review - Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1375–1384. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2

Cantika, P., Lestari, A. H., & Nurabiah. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Manajemen, Kepribadian Wirausaha, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pengelola Usaha, Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. Jurnal Mahasiswa Akuntansi (RISMA), 2(1), 175–185.

Fachrizal, M., Suparman, L., & Animah. (2016). The effect of participatory budgeting on the performance of government officials (An empirical study in West Lombok District). The Indonesian Accounting Review, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.14414/tiar.v6i1.609

Fadhilla, M. A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Menabung di Bank Syariah Kota Makassar.

Fauzi, R. U. A., Hj. Ahmad, A., Ni’am, zaki B., Idris, I., & Ningrum, I. I. P. (2021). The Effect of Religiosity, Profit Los And Sharing on Consumer Trust and Intention to Financing in Islamic Bank. Journal of Islamic Economics and Business Studies, 6(2), 21–40. http://ejournal.iainkendari.ac.id/lifalah

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Jambi).

Hidayati, S. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Kasus pada PT. BNI Syariah Malang).

Jawadi, F., Basuki, H. P., & Effendy, L. (2016). The effect of budget goal clarity, organizational commitment, accounting control, and adherence to laws on the perception of government performance of Central Lombok Regency. The Indonesian Accounting ReviewAccounting Review, 6(1), 21–36. https://doi.org/10.14414/tiar.v6i1.579

Kartika, C., Yusuf, Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., Firmansyah, E., & Wahyudi. (2019). Pengaruh Religiusitas, Trust, Corporate Image, dan Sistem Bagi Hasil terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri di Surabaya.

Latifah, N. el. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Disposable Income dan Religiusitas terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah pada Santri Pondok Pesantren Salaf Ali Al– Fuadiyyah di Pemalang.

Marwati, S., Sasanti, E. E., & Nurabiah. (2023). Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Di Kecamatan Selong. Jurnal Bisnis Net, 6(2), 753–764.

Natsir, A. S. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Menabung (Studi di BTN Syariah KCPS PAREPARE).

Nurabiah, Pusparini, H., & Fitriyah, N. (2023). Determinan Penggunaan E-Money dengan Pendekatan Model UTAUT 2 dan Risiko yang Dirasakan. E- Jurnal Akuntansi, 33(1), 180–201. https://doi.org/10.24843/EJA.2023.v33.i01.p14

Nurabiah, Pusparini, H., Fitriyah, N., Isnaini, Z., & Mariadi, Y. (2018). Analisis Hubungan Kontrol Keamanan, Reputasi E-Vendor, Keakraban, Dan Perceived Reputation Dengan Kepercayaan Dalam Penggunaan E-Commerce. Jurnal Riset Akuntansi, Aksioma, 17(1), 20–36.

Nurrizkiana, B., Handayani, L., & Widiastuty, E. (2017). Determinan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Implikasinya terhadap Kepercayaan. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 18(1), 28–47. https://doi.org/10.18196/jai.18159

Octariani, D., Akram, & Animah. (2017). Good Governance, Performance Based Budgeting and SKPD Budget Quality SKPD (The Case of a Structural Model Approach). JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 21(2), 117–131.

Paranata, A., Adha, R., Thi, H., & Thao, P. (2023). The Catastrophe of Corruption in the Sustainability of Foreign aid: A Prediction of Artificial Neural Network Method in Indonesia. Fudan Journal of the Humanities and Social Sciences, 16(2), 239–257. https://doi.org/10.1007/s40647-023-00367-z

Pratama, F. D., Animah, & Nurabiah. (2023). Determinan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid Di Kota Mataram. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(05), 843–852.

Purwaningsih, H. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Empiris pada Nasabah Bank Syariah di Gunungkidul).

Putra, I. G. P., Effendy, L., & Nurabiah. (2022). Sistem informasi akuntansi sebagai determinan kinerja keuangan pada perusahaan jasa konstruksi di kota mataram. Jurnal Mahasiswa Akuntansi (RISMA), 2(3), 585–597.

Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1).

Rachmawati, A., & Oka Widana, G. (2019). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah. In Jurnal Liquidity (Vol. 8, Issue 2).

Resty, N. N. H. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Menabung Nasabah Milenial di Bank Syariah Indonesia.

Rohmah, I. R. Q. (2015). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Bagi Hasil, Kesesuaian Hukum Syariah, Reputasi Bank, dan Perolehan Informasi terhadap Keinginan Menambah Tabungan Mudharabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember.

Sa’diyah, M. (2015). Pengaruh Religiusitas, Atribut Produk Islam, dan Bauran Promosi terhadap Minat Menabung di BMT se-Kabupaten Jepara.

Saptutyningsih, E., Diswandi, D., & Jaung, W. (2020). Land Use Policy Does social capital matter in climate change adaptation? A lesson from agricultural sector in Yogyakarta, Indonesia. Land Use Policy, 95(August 2019), 104189. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2019.104189

Slamet, T., Busaini, & Fitriyah, N. (2016). Determinant of the presentation of proxy of user assets report and its implication for the quality of financial statements (A case study at the Work Unit of KPPN Mataram). The Indonesian Accounting ReviewAccounting Review, 6(2), 207–226. https://doi.org/10.14414/tiar.v6i1.580

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (26th ed.).CV Alfabeta.

Suminto, A., & Maharani, S. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsbility, Islamic Banking Service Quality dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1). https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2013

Sunarsih, U., & Wulandari, D. (2014). Nalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. In Bank Muamalat. Jurnal Ekonomi STEI (Vol. 23, Issue 01).

Susbiyani, A., Halim, M., & Animah. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its e ff ect on fi rm ’ s value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277

Syarifuddin, M. A. F. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Makassar.

Telabah, I. W. S., & Handajani, L. (2018). Implementation of Performance Accountability System For Government Institution (SAKIP): Determinants and Consequence In Local Government. International Business and Accounting Research Journal, 2(2), 87–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/ibarj.v2i2.41

Waadarahmah. (2022). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat Kabupaten Bima Menjadi Nasabah di Bank Syariah dengan Pengetahuan sebagai Variabel Moderasi. AL-FIDDOH, 3(1). www.ojk.go.id

Yuardi, I., Anggun, B., Lestari, H., & Nurabiah. (2023). The Effect of Financial Literacy, Financial Attitudes and Income Levels on the Financial Behavior of the People in Saribaye Village, Lingsar District, West Lombok Regency. Proceedings of the 1st International Conference on Management and Small Medium Enterprise (ICMSME-2023), 1(March).

Yuliasnyah, Inapty, B. A., Dahlan, M., & Agtia, I. O. (2018). Budgetary Participation And Its Impact On Individual Performance. Tourism and Hospitality Management, 24(2), 325– 340.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Pratiwi, R., Bambang, & Mariadi, Y. . (2024). Pengaruh Religiusitas, Corporate Image Dan Pengetahuan Masyarakat Terahadap Minat Menabung Pada Bank NTB Syariah Di Lombok. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.29303/risma.v4i1.984