PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM BATIK DI WILAYAH PAKISAJI, KABUPATEN MALANG

Penulis

  • Ricky Angga Ariska Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Santirianingrum Soebandhi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Fadilla Purwitasari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.64

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, UMKM, Batik Pakisaji, Strategi Pemasaran

Abstrak

Pemasaran produk merupakan salah satu permasalahan klasik yang dihadapi oleh para pemilik usaha, terutama yang termasuk dalam UMKM. Salah satu strategi yang dapat dilakukan pada masa pandemi ini adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu bentuk promosi yang mengikuti adaptasi teknologi adalah dengan menggunakan promosi digital. Bentuk promosi digital telah banyak dilakukan oleh para pelaku UMKM, namun banyak pengusaha yang belum mengetahui tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran secara online.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa sosialiasi mengenai strategi dan aplikasi apa saja yang dapat digunakan sebagai media pemasaran bagi pelaku UMKM Batik di wilayah Pakisaji, Kabupaten Malang. Pelatihan akan diberikan dalam dua langkah yang terdiri dari pemberian materi dan penjabaran contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pemasaran.

Referensi

Naiobe, Y. Paguyuban Batik Kabupaten Malang Keluhkan Akses Pasar dan Permodalan. https://kilas24.com/paguyuban-batik-kabupaten-malang-keluhkan-akses-pasar-dan-permodalan/, (January 27, 2020).
Nana. Disparbud Kabupaten Malang Support Lahirnya Ikon Batik. https://www.malangtimes.com/baca/17999/20170413/160152/disparbud-kabupaten-malang-support-lahirnya-ikon-batik, (April 13, 2017).
No Name (N.N). Dr. Tantri Motivasi Pengrajin Batik Kabupaten; Tetap Produksi Dimasa Pandemi. http://www.jurnalmalang.com/2020/09/dr-tantri-motivasi-pengrajin-batik.html?m=1, 2020.
Nana, D. Pantang Surut, Jajuk Rendra Kresna Siap Kawal Kampung Batik Pakisaji Terwujud, asal... https://malangtimes.com/baca/37170/20190319/162300/pantang-surut-jajuk-rendra-kresna-siap-kawal-kampung-batik-pakisaji-terwujud-asal, (March 19, 2019).

Diterbitkan

2021-12-24

Cara Mengutip

Ariska, R. A., Soebandhi, S., & Purwitasari, F. (2021). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM BATIK DI WILAYAH PAKISAJI, KABUPATEN MALANG. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 53–56. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.64