PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D III PARIWISATA UNRAM

Penulis

  • Mahmudah Budiatiningsih Universitas Mataram
  • Lalu M. Furkan Universitas Mataram
  • Adhitya Bagus Singandaru Universitas Mataram
  • Ihyana Hulfa Universitas Mataram
  • Hasnia Minanda Universitas Mataram
  • Siti Hamdiah Rojabi Universitas Mataram
  • Baiq Nikmatul Ulya Universitas Mataram
  • Rizal Kurniansah Universitas Mataram
  • Taufan Handika Putra Universitas Mataram
  • Rahman Rahman Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.845

Kata Kunci:

Coaching Clinic, DIII Pariwisata Unram, mahasiswa, pendampingan, KTI

Abstrak

Mahasiswa DIII Pariwisata Unram harus menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai salah satu syarat kelulusan. Dalam pelaksanaannya, banyak mahasiswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan KTI sehingga memperlama masa studi. Oleh karenanya, diperlukan kegiatan pendampingan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa DIII Pariwisata Unram yang mengalami kesulitan menyelesaikan KTI dan mendaftar sebagai peserta. Coaching Clinic dilaksanakan dengan memberikan pendampingan secara intenstif kepada mahasiswa peserta kegiatan. Pelaksanaan Coaching Clinic dilaksanakan secara klasikal dan diskusi intensif, di mana setiap mahasiswa memeproleh mentor yang mendampingi selama 1 minggu kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh 19 mahasiswa dan melibatkan 10 dosen DIII Pariwisata dengan jumlah mentor sebanyak 9 dosen. Setelah mengikuti Coaching Clinic, sebanyak 80% peserta berhasil menyelesaikan KTI dan sudah lulus. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat dinyatakan berhasil.

Referensi

Afandi, A. 2021. Mentoring Program: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Ananda, E., & Purwanto, W. 2021. Kendala Penyelesaian Tugas Akhir. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2(2), 61-72. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v2i2.49

Connor, M., dan Pokora, J. 2017. EBOOK: Coaching and Mentoring at Work: Developing Effective Practice: Developing Effective Practice. McGraw-Hill Education (UK).

Definisi mentor diakses melalui KBBI daring pada laman https://kbbi.web.id/mentor pada 13 Oktober 2023 pukul 11.20 WITA.

Hartato, U. & Mimin, N.A. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri yogyakarta angkatan 2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 64-73.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Rubrik Beban Kinerja Dosen 2021: Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12/E/KPT/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kinerja Dosen.

Nisa, B. 2020. Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Skripsi. UIN AR-RANIRY.

Pragholapati, A., & Ulfitri, W. 2019. Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115–126. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168

Pranatasari, F.D. 2016. Pengaruh mentoring dosen pembimbing akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa. Business Management Journal, 12(2), 260-279. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v12i2.432.

Sanistasya, P.A., Anna, N.A., Muhammad, Z., Dhea, A., Rahayu, K., Yessy, A., Muhammad, F.H., Kartika, Aini, P. 2023. Coaching clinic skripsi hack bagi mahasiswa administrasi bisnis universitas mulawarman. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2577-2587. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069

Setiawan, A., Nikodemus, N., Rizky, O.P.C., Khairi, R., Herry, W. 2023. Optimalisasi Penyelesaian Tugas Akhir Melalui Coaching Clinic pada Mahasiswa FISIP UMRAH. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(3), 877-886. https://doi.org/10.54082/jamsi.749

Zambrana, R. E., Ray, R., Espino, M. M., Castro, C., Douthirt Cohen, B., & Eliason, J. 2015. “Don’t Leave Us Behind”: The Importance of Mentoring for Underrepresented Minority Faculty. American Educational Research Journal, 52(1), 40-72.

Diterbitkan

2023-10-26

Cara Mengutip

Budiatiningsih, M., Furkan, L. M., Singandaru , A. B., Hulfa, I., Minanda, H., Rojabi, S. H., Ulya, B. N., Kurniansah, R., Putra, T. H., & Rahman, R. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D III PARIWISATA UNRAM. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 65–71. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.845