DAMPAK PEMBANGUNAN PELABUHAN GILI MAS TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR DI DESA LABUAN TERENG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Abror Hamidi UNIVERSITAS MATARAM
  • Himawan Sutanto Universitas Mataram
  • Wahidin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v3i1.1001

Keywords:

Dampak, Pelabuhan, Sosial Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana dampak pembangunan pelabuhan Gili Mas terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini  menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi dan analisis data yang digunakan adalah metode interaktif miles dan Huberman yang terbagi atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dampak keberadaan pelabuhan Gili Mas dilihat dari aspek ekonomi yaitu lapangan pekerjaan dan tingkat pendapatan memberikan dampak yang positif, walaupun untuk lapangan pekerjaan masih tidak sebesar yang diharapkan. Dari aspek sosial yaitu pendidikan dan kesehatan memberikan dampak positif dan negatif. Untuk pendidikan keberadaan pelabuhan Gili Mas mampu mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan untuk kesehatan keberadaan pelabuhan Gili Mas berdampak terhadap peningkatan polusi udara bagi masyarakat walaupun hal tersebut tidak mempengaruhi masyarakat sekitar.

References

Anwas, M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Global. Bandung: Alfabeta.

Atmaja, H. K., & Mahalli, K. (2015). Atmaja, H. Pengaruh peningkatan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Sibolga, Ekonomi dan Keuangan, 3(4).

Berkoz, L. & Tekba, D. (1999). The role of ports in the economic development of Turkey. Paper dipresentasikan pada seminar 39th European Congress of the Regional Sciences Association. Dublin. 23–27 Agustus.

Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: PT. PrajaGrafindo Persada.

Hajar, S. (2021). Eskalasi ekonomi masyarakat dengan keberadaan pelabuhan segintung di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Haris, A. (2009). Pengaruh penatagunaan tanah terhadap keberhasilan pembangunan infrastruktur dan ekonomi, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, 1-9.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Indonesia, P,R . (2003). Retrieved from Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003: https://kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf

Indonesia, P. R. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhan, Tersedia pada http://pkps. bappenas. go. id/dokumen/uu/Uu% 20Sektor/Pelayaran/PP, 2061.

Moleong, Lexy. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-26