ANALISIS EFEKTIVITAS BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA DI KOTA MATARAM

Authors

  • Gusti Bagus Ngurah Adi Putra Adiputra Universitas Mataram
  • Hailuddin Universitas Mataram
  • Baiq Ismiwati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v2i2.708

Keywords:

Efektivitas, Kualitas Tenaga Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menekankan analisis pada data-data dengan metode yang terkait. Penelitian ini dilakukan secara sampel survey dari peserta pelatihan yang sedang pelatihan di Balai Latihan Kerja tahun 2022. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan pendekatan tabel frekuensi dan pendekatan proporsi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balai Latihan Kerja sangat efektif dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja karena diketahui dari hasil analisis keempat variabel seperti fasilitas pelatihan, keterampilan kerja, instruktur pelatihan dan pengetahuan peserta pelatihan yang menunjukan bahwa Balai Latihan Kerja sangat efektif dalam memberikan pelatihan kerja.

References

Adji, D., dkk., (2007). Perbandingan Efektivitas Sterilisasi Alkohol 70%, Inframerah, Otoklaf dan Ozon Terhadap Pertumbuhan Bakteri (Bacillus subtilis). Jurnal Sain Vet, 25(1).

Ami Ade Maesyarah ,Analisis Efektiitas Peran Balai Latihan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Menurut Perspektif Ekonomi Islam”.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Abu Hurareh, (2008), Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, model dan strategi pembangunan berbasis kerakyatan, Bandung: Humaniora

Beni Pekei,(2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1.Jakarta Pusat: Taushia

Dedy Mulyadi dan Veithzal Rivai. (2012). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajarafindo Persada.

Dedeh Maryani dan Ruth Roselin E. Nainggolan (2019), Pemerdayaan Masyarakat, Yogyakarta : Deepublish

Kusnadi, I. H. (2020). Efektifitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja di Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 1(2), 103–124.

M.Fajar Asshiddiq.S (2016) Analisis Efektivitas UPTD Balai Latihan Kerja Disnaker Kota Semarang dalam Meningkatkan Keterampilan Masyarakat Kota Semarang”.Departemen Ilmu Politik dan Pemerintahan,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Muhammad Adhif Alfi Candra, (2017). Efektivitas Program Pelatihan dalam UPTD Balai Latihan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Blora.

Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 8 Tahun 2017 mengenai Ketenagakerjaan

Putri, L. U. (2022, Februari 2). Efektivitas program kartu prakerja dalam meningkatkan kesejateraan sosial di tengacoid-19 bagi masyarakat di keluraan kendondong raye kecamatan banyuasin III. Skripsi.

Resseffendi. (2010). Metode Penelitian. NASPA Jurnal, 33, 26–36.

Sugiono, (2016). Metode Penelitian ( Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, R&D), Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.

Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Downloads

Published

2023-12-26