EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN DI DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • Novia Anggraini Universitas Mataram
  • Iwan Harsono Universitas Mataram
  • Siti Sriningsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i1.570

Keywords:

Efektivitas, Dana Desa, Pembangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Penggunaan Dana Desa Untuk Pembangunan Di Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif melalui metode pengumpulan data studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan adalah dengan cara menganalisis rasio efektivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan dana desa untuk pembangunan di Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2017-2020 mengalami fluktuasi selama 4 tahun terakhir dengan kriteria efektivitasnya berada pada kategori cukup efektif,efektif dan sangat efektif serta terdapat program yang tidak terealisasi karena terkendala oleh beberapa programyang di prioritaskan pada tahun tersebut

References

Nugrantara, Pafta Ubay.2022. Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Bidang Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Fakultas Ekonomi & Bisnis Unseod.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor.72 Tahun 2005. Tentang Desa (c. 72) Jakarta, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor. 60 Tahun 2014. Tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

Sudaryono Dkk. 2017. Keuangan Di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta. Cv. Andi Offset.

Raharjo, Taufik. Sulaeman, Agus Sunarya. Sriyani. 2018. Efektifitas Penggunaan Dana Desa.

Rorong, Marliyanti. 2015. Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Bango Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara Tahun Anggaran 2015. Program Studi Ilmu Pemerintahan Fispol Unsat.

Downloads

Published

2024-03-13