PENGARUH PENDAPATAN DAN KONSUMSI RUMAH TANGGA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PENGUSAHA ROTI DI KELURAHAN BABAKAN KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Authors

  • Windi Nursahida Universitas Mataram
  • Putu Karismawan Universitas Mataram
  • Siti Fatimah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i1.606

Keywords:

Usaha Informal, Pendapatan, Konsumsi Rumah Tangga, Tingkat Kesejahteraan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh variabel pendapatan dan konsumsi rumah tangga terhadap tingkat kesejahteraan pengusaha roti. Pengujian dilakukan pada 40 responden yang tersebar di kecamaatan sandubaya kota mataram yaitu kecamatan babakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan desember 2022 sampai februari 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuisioner dan wawancara. Uni analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha roti yang bekerja pada usaha informal di kecamatan sandubaya. Jeni data dala penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penentuan sampel ditentukan dengan populasi yang langsung menjadi sampel, sedangkan analisis yang digunakan adaalah analisis deskriptif dan SEM-PLS beserta penjelasan-penjelasannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kesejahteraan, yang artinya semakin tinggi pendapatan usaha roti maka akan menambah tingkat kesejahteraan yang didapatkan sedangkan konsumsi rumah tangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kesejahteraan, yang artinya semakin tinggi konsumsi rumah tangga maka akan meningkatkan tingkat kesejahteraan yang didapatkan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfian, W. 2011. Analisis Tingkat Pendaatan Dan Pola Konsumsi Pengusaha Kerajinan Cukli Di Kecamatan Gunungsasi Kabupaten Lombok Barat.

Anandhyta, AR, & Kinseng, RA (2020). Hubungan Tingkat Partisipasi dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Pesisir. Jurnal Nasional Pariwisata , 12 (2), 68-81.

Arimawan, I. (2021). Pengaruh Pendapatan dan Pola Konsumsi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Nelayan di Desa Bunutan Kecamatan Abang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA).

Atmaja, A. R., RS, P. H., & Lubis, I. (2022). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Di Kota Medan Tahun 2015 (Implikasi Fungsi Konsumsi Keynes). Cermin: Jurnal Penelitian, 6(1), 95-108.

Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat

Boediono., (1986), Teori Pertumbuhan Ekonomi, Edisi Pertama, BPFE,

Yogyakarta.

Damanhur, D., & Nurainiah, N. (2018). Analisis Pengaruh Bantuan Zakat Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategi , 5 (2).

Dian Komala Sari, dkk, Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Jagung di Kecamatan natar Kabupaten Lampung Selatan, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, hlm. 1

Dr. Suwandi, SE.Msi. 2017. Evaluasi Kesesuaian Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Perkuatan Pemberdayaan, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial (FEIS) Universitas Bakrie.

Ginting, X., & Jufri, S. (2013). Analisis Tingkat Pendapatan, Pola Konsumsi dan Tingkat Penerimaan Petani Padi Sawah Varietas Lokal Ditinjau dari Garis Kemiskinan (Studi Kasus: Desa Tangga Batu II, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 2(6), 15079.

Karolina, A., & Bakce, D. (2016). Analisis pendapatan dan pola konsumsi rumahtangga petani kelapa di Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir (Doctoral dissertation, Riau University).

Putra, S., & Sudibia, K. (2018). Pengaruh Faktor Sosial, Ekonomi Dan Demografi Terhadap Pendapatan Usaha Sektor Informal Di DesaDarmasaba. Buletin, 14, 49-58.

Rini Asmita Samosir. 2015. Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Sektor Informal Di Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Rosada, I., Nurliani, N., & Ayufadhilah, N. (2020). Struktur Pendapatan dan Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Nelayan. Jurnal Galung Tropika, 9(2), 137-146.

Sadono Sukirno, Makroekonomi: teori pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010), 38

Safia, L. S., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Petani Padi Pada Kelompok Tani Ngudi Rejeki Di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 75-81.

Salni, V. G., Bakce, D., & Tety, E. (2019). Analisis Struktur Pendapatan, Pola Konsumsi Dan Kesejahteraan Rumahtangga Petani Sayuran di Kabupaten Siak. IJAE (Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia), 10(2), 75-89.

Sumolang, Z. V., Rotinsulu, T. O., & Engka, D. S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi industri kecil olahan ikan di kota manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 18(6).

Downloads

Published

2024-03-13