ANALISIS PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Authors

  • Istiharatul universitas mataram
  • Baiq Ismiwati Universitas Mataram
  • Baiq Saripta Wijimulawiani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i1.770

Keywords:

Jumlah Wisatawan, Jumlah Hotel, Jumlah Rumah Makan, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan jumlah rumah makan terhadap pendapatan asli daerah provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2017-2021. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitaf deskriptif. Populasi atau objek dalam penelitian ini adalah 7 kabupaten/kota di NTB. Metode pengumpulan yang digunakan adalah studi kasus. Data yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan data skunder yang di ambil dari badan pusat statistik (BPS) NTB. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data panel den model random effect model. Berdasarkan analisis yang di lakukan dalam penelitian ini di peroleh hasil yang menunjukkan bahwa variabel jumlah wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah, variabel jumlah hotel berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah, sedangkan variabel jumlah rumah makan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

References

A.J, Mulyadi, 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

A.W. Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.

Kawedar, Warsito, Abdul Rohman, dan Sri Handayani. 2008. Akuntansi Sektor Publik.Buku I. Cetakan I. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kuswandi, Aos. (2016). Manajemen Pemerintahan Daerah. Bekasi: Badan Penerbit Universitas Islam ‘45’ (UNISMA).

Soekadijo, R. G. 2000. Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata Sebagai Systemic Linkage. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Udayantini, K.D., Bagia, I.W., dan Swendar, I.W. 2015. Pengaruh Jumlah Wisatawan dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata di Kabupaten Buleleng periode 2010-2013. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen.3(5).

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004. “UU No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Daerah”.

Putri, E. (2016). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Wahab, Salah. 1975. Tourism Management. London: Tourism International Press

Warsito. 2001. Hukum Pajak. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada

Yoeti, O. A. (1993). Perencanaan dan pengembangan pariwisata. Jakarta: Prandnya Paramita.

Downloads

Published

2024-03-13