ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA INDUSTRI ROTI DI KOTA MATARAM

Authors

  • Baiq Putri Alodya Universitas Mataram
  • St. Maryam Universitas Mataram
  • Gusti Ayu Arini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v3i1.1085

Keywords:

Tenaga kerja, Produktivitas, Upah, Usia, Pengalaman Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada industri roti di kota Mataram. Data berasal dari 32 responden yang merupakan karyawan atau pekerja di industri roti dengan metode pengumpulan data survey dan teknik penyebaran kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji koefisien determinasi  (R2), uji hipotesis (uji F dan uji t)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel upah, pengalaman kerja, usia, dan jenis kelamin memiliki nilai signifikan sebesar 0,012 < 0,05 yang berarti secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja pada industri roti di kota Mataram. Namun secara individual, variabel pengalaman kerja, usia memiliki nilai signifikan masing-masing sebesar 0,955 > 0,05 dan 0,500 > 0,05 sehingga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja, sedangkan variabel upah dan jenis kelamin memiliki nilai signifikan masing-masing sebesar 0,035 < 0,05 dan 0,001 < 0,05 sehingga upah dan jenis kelamin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja.

References

Putri, Andidni Utari. 2020. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus pada Usaha Roti Donat Eve Bakery di Palembang).Palembang : Jurnal Ilmiah Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri.

Downloads

Published

2024-06-25