PERILAKU PEDAGANG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SEMBAKO DI PASAR PAGUTAN KOTA MATARAM DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/konstanta.v3i2.1363Keywords:
perilaku pedagang, jual beli, Perspektif islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perilaku pedagang dalam transaksi jual beli sembako di Pasar Pagutan Kota Mataram ditinjau dari Ekonomi Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pasar Pagutan Kota Mataram. Sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku pedagang pasar Pagutan yang meliputi cara menimbang dan menakar, penepatan janji, menjelaskan kualitas barang, penetapan harga, tawar menawar, pelayanan kepada pembeli, strategi memasarkan barang, cekatan, dan pencatatan transaksi. Dapat disimpulkan 3 dari 5 pedagang sudah mendekati dalam menerapkan prinsip sesuai dengan syariat Islam sejalan dengan sifat Rasulullah SAW di dalam melakukan perdagangan diantaranya ialah sifat siddiq, Amanah, tabligh, dan fathonah.
Kata kunci: Perilaku Pedagang, Jual Beli, Perspektif Islam
References
Al-Bara. 2016. Analisis Pengaruh Perilaku Pedagang Terhadap Inflasi. Academia vol. 5 no. 02 Hal 248
Alma, Buchari. 2006. Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta. Bandung
Andani, Putri. 2020. Komunikasi Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Sembako di Plaza Bangkinang menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal telah dipublikasikan. Diakses pada 27 Desember 2020
Arifin, Johan. 2009. Etika Bisnis Islam.Walisongo press. Semarang. Hal 154
Badroen, Faisal dkk. 2006. Etika Bisnis Dalam Islam. Prenadamedia Group. Jakarta.
Bungin, Burhan. 2015. Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Prenada Media Group. Jakarta
C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil. 2008. Pokok-Pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika, hal:15.
Djakfar Muhammad. 2012. Etika Bisnis. Penebar Plus. Jakarta.
Falucky, Yonna Ifan. 2017. Analisis terhadap Perilaku Pedagang Pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal telah dipublikasikan. Diakses pada tanggal 27 Desember 2020.
Fauzia, Ika Yunia & Abdul Kadir Riyadi. 2014. Prinsip Dasar EKONOMI ISLAM Perspektif Maqashid Al-syariah. Jakarta.
Fordebi, Adesy. 2016. Ekonomi dan Bisnis Islam. (Jakarta: Rajawali Pers, hal: 135).
Fuady, Munir. 2013. Pengantar Hukum Bisnis. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Ghazaly. 2010. Fiqih Muamalat. Kencana. Jakarta.
Heryana, Ade. 2016. Informan dan Pemilihan Informan Pada Penelitian Kualitatif.
Ihsan, Muhammad.2018. Analisis pelaksanaan Penimbangan Sembako dalam Jual beli Perspektif ekonomi Islam di Pasar Soppeng Kabupaten Soppeng. UIN Alauddin Makassar
Irawan, Heri. 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Binjai. UIN Alauddin Makassar.
Johan Arifin. 2013. Etika Bisnis Islami. Walisongo Press. Semarang. Hal 154
Jusmaliani. 2008. Bisnis Berbasis Syariah. Bumi Aksara. Jakarta.
Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Kusnia, Siti Mina. 2015. Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Ngaliyan Semarang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Jurnal dipublikasikan. Diakses pada tanggal 02 Oktober 2021
Mardani. 2014. Hukum Bisnis Syariah. Prenamedia Group. Jakarta
Mardiyah, Ema & Asep Suryanto. 2010. Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah di Pasar Tradisional Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Tasikmalaya.
Muhammad. 2004. Etika Bisnis Islam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Mujahidin Akhmad. 2005. Analisis Terhadap Aspek Moral Pelaku Pasar. Jurnal Hukum Islam.
Nafiah, Riski Umi. 2017. Perilaku Pedagang Pakaian Bandung Tulungagung Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Bandung. Jurnal dipublikasikan. Diakses pada 30 September 2020
Nasution, Mustafa Edwin dkk. 2006.Pengenalan Eksklusif : Ekonomi Islam. Kencana. Jakarta
Nejatullah Siddiqi, Muhammad. 1996. Kegiatan Ekonomi Dalam Islam. Bumi Aksara. Jakarta. Hal 05
Notoadmodjo, Soekidjo.2007. Promosi Ilmu Kesehatan dan Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.
Octaviani, Ulfah. 2018. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktek Jual Beli (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Pagi di Desa
Sumber Sari Bantul Kecamatan Metro Selatan). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Jurnal dipublikasikan. Diakses pada tanggal 23 September 2020
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif . Yogyakarta
Putra, Purnama & Tjiptohadi Sawarjuwono. 2020. Perilaku Pedagang Pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal diPublikasikan. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020
Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema.
Rahmadani, Dyan Arrum. 2017. Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Petepamus Makassar Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Universitas Islam Alauddin Makassar. Jurnal dipublikasikan. Diakses pada 24 September 2021
Roihuddin, Ahmad. 2018. Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mangkang Semarang dalam Pandangan Etika Bisnis Islam. Jurnal telah dipublikasikan. Diakses pada 27 Desember 2020.
Rusdiana, Nana. 2016. Etika Bisnis Pedagang Ikan Di Pasar Besar Kota Palangka Raya Perspektif Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Jurnal dipublikasikan. Diakses pada 23 september 2021
Rusman, Muansar. 2019. Pengaruh penerapan Etika Bisnis islam Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Kasus Pasar Tradisional Andy Tadda Kota Palopo). Jurnal dipublikasikan. . Diakses pada tanggal 02 Oktober 2021
Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Shobirin. 2015. Jurnal Bisnis & Manajemen Islam: Jual beli Dalam Pandangan Islam.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
_______. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Sujatmiko, Eko. 2014. Ekonomi Kamus IPS. Aksara Sinergi Media. Surakarta.
Suwiknyo. 2010. Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Wiku Suryomurti. 2011. Super cerdas Investasi Syariah.PT Agro Media Pratama. Jakarta
Wiyono, Slamet. 2005. Akuntansi Syariah di Indonesia. Mitra Wancana Media. Jakarta
Adamiya, Silmi. 2019. Hukum Bersumpah palsu Demi melariskan Barang Dagangan. Hukum Bersumpah Palsu Demi Melariskan Barang Dagangan | Bincang Syariah. Diakses pada tanggal 30 Desember 2023
Ardraviz, Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pasar, https://arda.biz/ekonomi/ekonomi mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/html. Diakses pada tanggal 02 Oktober 2020
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram. 2020. Statistik Kota Mataram Tahun2020.https://mataramkota.bps.go.id/publication.html?Publikasi%5BtahunJudul%5D=&Publikasi%5BkataKunci%5D=+kecamatan+mataram+&Publikasi%5BcekJudul%5D=0&yt0=Tampilkan. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020
Elizabeth, Andini. 2013. Pasar Tradisional dan Pasar Modern https://andinielizabeth.wordpress.com/pasar tradisional dan pasar modern
Huda, Ni’amul. Definisi Pedagang. 2015. Pengertian Pedagang. http://www.pengertianpengertian.com/2015/06/pengertian-pedagang.html , diakses pada tanggal 02 Oktober 2020
Jahja, Adi Susilo. 2017. Subjek, Responden, Informan dan Partisipan.https://dosen.perbanas.id/subjek-responden-informan-dan-partisipan diakses pada 09 Desember 2020
Muslim Al-Atsari, Abu Ishaq.2020. Kejujuran dalam Jual Beli. https://asysyariah.com/kejujuran-dalam-jual-beli/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahira Aryani, Ihsan Ro'is, Akhmad Jufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.