development of halal tourism at the tourist destination of Aik Nyet, Buwun Sejati Village, West Lombok Regency

Authors

  • Aziza Billah Alifayanti Billa Universitas Mataram
  • Ihsan Rois Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v2i1.430

Keywords:

Kata Kunci: Destinasi wisata Aik Nyet, Pengembangan wisata, Wisata Halal.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan destinasi wisata Aik Nyet dan untuk mengetahui standarisasi wisata halal pada destinasi wisata Aik Nyet Desa Buwun Sejati Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dukumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive dan snowball. Adapun metode keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui terdapat dua pengembangan yaitu dari segi fisik dan nonfisik, pengembangan dari segi fisik berupa menambah daya tarik yang ada seperti tambahan kolam da spot foto, akses jalan yang sudah di aspal, dan akomodasi homestay yang akan dikembangkan sesuai syariah dan fasilitas yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan. Kemudian pengembangan dari segi nonfisik berupa pengembangan teknologi seperti website desa Buwun sejati dan promosi digital lainnya, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan pengembangan budaya yang ada di desa Buwun sejati. Kemudian jika dilihat dari standarisasi GMTI dan IMTI dalam penelitian ini yang meliputi empat indikator ACES yaitu akses atau kemudahan (Accessibilities), komunikasi (Communication), lingkungan (Environment) dan layanan (Service), dengan rincian kriteria pada komponen yang berbeda-beda dapat dikatakan sudah memenuhi standarisasi.

References

Busaini, B., Rinuastuti, B. H., Feriyadin, F., Wijanarko, A., Assidiq, K. A., Hadinata, L. A.,

& Rahmaningsih, S. 2020. Peran pemuda dalam membangun citra pariwisata halal di Desa Setanggor. Jmm Unram-Master Of Management Journal, 9(3).

Djakfar, M. 2017. Pariwisata halal perspektif multidimensi: peta jalan menuju pengembangan akademik & industri halal di Indonesia. UIN-maliki Press.

Febriana, L. L. 2021. Analisis Potensi Pengembangan Wisata Halal (Halal Tourism) Pada

Destinasi Wisata Lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun (Doctoral dissertation,

IAIN Ponorogo).

Indrawati, Nurhasan, & Muthali'in, A. 2018. Motivasi Wisata Ziarah dan Potensi Pengembangannya Menjadi Wisata Halal di Desa Majasto Kecamatan

Sukoharjo. Jurnal Arcade, 88-94.

Jaelani, A. 2017. Industri wisata halal di Indonesia: Potensi dan prospek.MPRA Paper. Cirebon.

Khairunnisah, N. A. 2019. Partisipasi Pokdarwis Dalam Pengembangan Wisata Halal Di

Desa Sesaot. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).

MasterCard and CrescentRating 2016. Global Muslim Travel Index (GMT) 2016:darihttps://www.crescentrating.com/reports/mastercardcrescentrating- global-Muslim-travel-index-gmti-2016.html. diakses pada tanggal 29 Oktober 2022.

Noor, A. A., & Pratiwi, D. R. 2016. Konsep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) Kota Cimahi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 7, pp. 178-183).

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. 2017. Sejarah pariwisata: menuju perkembangan pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sindonews.com: https://lifestyle.sindonews.com/newsread/809521/156/masuk- dalam-adwi-2022-inilah-potensi-desa-wisata-buwun-sejati-di-lombok-barat-

/10, diakses pada tanggal 29 Oktober 2022. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Surur, F. 2020. Wisata Halal: Konsep dan Aplikasi. Alauddin University Press. Makassar. Yoeti, Oka. 1983. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung.

Downloads

Published

2023-06-07