Penerapan System Informasi Berbasis Teknologi Digital Dalam Optimalisasi Proses Return di PT Enseval Putera Megatrading Tbk

Authors

  • Nur Fajriani Universitas Mataram
  • Eni Indriani Universitas Mataram

Keywords:

Teknologi Informasi, Optimalisasi Proses Return

Abstract

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman langsung di dunia kerja sesuai dengan bidang studi. Program ini biasanya berlangsung selama beberapa bulan di perusahaan, lembaga pemerintah, atau organisasi lainnya, Salah satu fokus utama di perusahaan ini adalah penerapan teknologi informasi dalam mengoptimalkan proses pengembalian produk (return). Teknologi informasi digunakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi dalam setiap tahap proses tersebut. Dengan sistem berbasis teknologi seperti Oracle, proses pengembalian produk menjadi lebih otomatis, mengurangi intervensi manual, serta meminimalkan potensi kesalahan. Teknologi ini memungkinkan pelacakan status return secara real-time, pengelolaan inventaris yang lebih terstruktur, dan penyampaian informasi terkini kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk pelanggan. Analisis data terkait return membantu perusahaan dalam mengidentifikasi masalah, mengevaluasi penyebab, dan mengambil langkah perbaikan. Melalui transparansi dan pembaruan informasi yang cepat kepada pelanggan, perusahaan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus mengurangi waktu dan biaya operasional. Secara keseluruhan, integrasi teknologi informasi di PT Enseval Putera Megatrading Tbk mendukung pengelolaan proses return yang lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada pelanggan.

References

Direktorat Jendral Pajak. “Retur Penjualan Dan Retur Pembelian Dalam Transaksi Jual Beli,” 2023. https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/retur- penjualan-dan-retur- pembelian-dalam-transaksi-jual-beli#:~:text=Dalam sebuah transaksi jual beli, pihak pembeli dengan barang baru.

———. “Retur Penjualan Dan Retur Pembelian Dalam Transaksi Jual Beli.” online- pajak.com, 2023. https://www.online-pajak.com/tentang-ppn- efaktur/retur-penjualan-dan-retur-pembelian-dalam-transaksi-jual-beli.

Jamal, R., Ikhval, A., Nisa, N., Qulbi, S., & Arifin, M. (2024). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Mengoptimalisasi Supply Chain Management. Inovasi Global Jurnal, 2(7), 737-750. https://doi.org/10.58344/jig.v2i7.117

Mabruri Pudyas Salim. “Return Adalah Pengembalian Barang, Berikut Cara Retur Barang di E-Commerce.” Liputan6, 2024. https://www.liputan6.com/hot/read/5175408/retur- adalah-pengembalian- barang-berikut-cara-retur-barang-di-e-commerce?page=4.

Maulida, Rani. “E-Faktur Dan Jenis-Jenis Faktur Dalam Transaksi Bisnis.” Online-Pajak, 2023. https://www.online-pajak.com/tentang-ppn- efaktur/faktur-e-faktur-dan-jenis- jenis-faktur.

Maura Rosita Hafizha. “Magang Adalah: Definisi, Manfaat, Cara Kerja, Serta Tipsnya.” detikBali, 2023. https://www.detik.com/bali/berita/d- 6568547/magang-adalah-definisi-manfaat-cara-kerja-serta-tipsnya.

Muharyanto, E. and Rasyid, M. (2021). Perancangan Framework Sistem Informasi Pengisian Kartu Rencana Studi Akademik. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2768. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.2063

Novrianda Syarif. “Perusahaan Multinasional:Pengertian Dan Contohnya.” Infiniti Blog, 2023. https://infiniti.id/blog/bisnis/perusahaan-multinasional- pengertian-dan-contoh.

Nur Jamal Shaid. “Faktur Adalah: Pengertian, Fungsi, Komponen, Dan Jenisnya.” Kompas.com, 2022. https://money.kompas.com/read/2022/04/09/170505426/faktur- adalah- pengertian-fungsi-komponen-dan-jenisnya?page=all.

Rinja Delta Haba. “Wawancara Karyawan Warehouse Bagian Pikker Untuk Barang Farma.”Mataram, 2024.

Downloads

Published

2025-10-31