Prosedur Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan BPJS di RSIA Permata Hati Mataram

Authors

  • Muliyana Universitas Mataram
  • Nur Fitriah Universitas Mataram

Keywords:

Prosedur, Pelayanan Adiministrasi, BPJS, RSIA

Abstract

Ada dua tujuan penyusuanan ini, antara lain untuk mengetahui prosedur pelayanan administrasi pasien BPJS rawat jalan, mulai dari pendaftaran hingga selesainya pelayanan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati, berikutnya mengetahui alur Pasien rawat jalan menggunakan aplikasi SIMRS pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati. Tujuan ini dicapai dengan melakukan kegiatan magang pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati Mataram selama 4 (empat) bulan dengan melakukan aktivitas pada pasien rawat jalan BPJS. Hasil dari magang (MBKM) ini untuk mengetahui alur pasien rawat jalan menggunakan aplikasi SIMRS untuk mengatur alur pendaftaran pasien sampe proses pembayaran pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati Mataram. Manfaat pengunaan aplikasi ini juga memudahkan bagi pegawai untuk mengatur alur proses pelayanan yang lebih cepat,mudah sehingga mempercepat proses kerja dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan rumah sakit untuk pengambilan keputusan yang tepat. Maka dapat disimpulkan bahwa prosedur pelayanan adminitrasi pasien rawat jalan BPJS pada RSIA Permata Hati, telah diatur secara sistematis untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien.

References

Arfah, M. (2024). Prosedur Pelayanan Gadai pada PT Pegadaian Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa. YUME: Journal of Management, 7(2), 1349-1356.

Bawazier, N. (2019). Prosedur Pergantian Spesimen Giro Dinas Sebagai Data Pencairan Dana Pada Buku Cek Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Sigli (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Djafar, T., & Lellu, A. (2020). Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan ‘Aisyiyah, 16(2), 167-176.

EkbisNTB. (2024). Provinsi NTB melampaui target Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan 99,66%, dari https://ekbisntb.id

Fauzi, D. M., & Febriyani, H. D. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas pondok aren kecamatan pondok aren kota tangerang selatan. Public Administration Journal (PAJ), 3(2), 182.

Fitria, F., & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal terhadap kinerja karyawan PT. Beton Elemen Persada. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 3(1), 1-13.

Mukti, A. G. (2024, 10 Mei). Jumlah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 271,2 juta orang. BPJS Kesehatan.

NTB Satu. (2024). Jumlah peserta BPJS Kesehatan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga 5,6 juta orang pada pertengahan 2024, dari https://ntbsatu.id

Rachmatsyah, A. D., & Merlini, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Surat Berbasis Desktop Pada Kantor Notaris Hoiril Masuli, Sh, M. Kn. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 6(2), 130-136.

Rahma, G. N. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Konveksi Munazh Collection (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Downloads

Published

2025-10-31