Pelaksanaan Tugas Funding Officer Dalam Menarik Minat Nasabah Tabungan Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Mataram Pejanggik 2

Authors

  • Nurul Fitri Universitas Mataram
  • Susi Retna Cahyaningtyas Universitas Mataram

Keywords:

Prosedur, Retur Barang, Sistem Oracle E-business Suite

Abstract

Tujuan magang ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan retur barang melalui oracle e-business suite di PT Enseval Putera Megatrading Tbk. Kegiatan ini berlangsung selama 6 (enam) bulan di PT Enseval Putera Megatrading Tbk cabang Mataram dengan melakukan aktivitas pada bagian yang berkaitan dengan akuntansi maupun penjualan. Hasil yang didapatkan yaitu mampu menjelaskan bahwa retur penjualan barang yang dilakukan oleh PT Enseval memiliki prosedur maupun ketentuan yang sudah diatur dan direkap melalui sistem oracle e-business suite. Alurnya dimulai pada saat bagian retur mencocokkan kondisi fisik barang dengan TTRS (Tanda Terima Retur Supplier). Jika barang sudah sesuai, maka barang akan diterima oleh bagian retur dan tanggal penerimaan barang dicatat pada fisik TTRS. Selanjutnya, bagian retur akan menginput data TTRS ke dalam sistem. Barang kemudian diklasifikasikan jika barang rusak atau kadaluwarsa, maka akan dibuatkan dokumen Laporan Barang Rusak (LBR) untuk dimusnahkan. Sebaliknya, jika barang masih dalam kondisi baik dan belum kadaluwarsa (lebih dari enam bulan dari tanggal penyerahan), barang akan dipindahkan ke stok barang layak jual (stock good). Setelah TTRS masuk ke sistem, barang akan diproses menjadi RMA (Return Merchandise Authorization) oleh admin gudang. Jika proses ini selesai dan nomor RMA telah diterbitkan, dokumen TTRS akan diserahkan ke direktorat untuk pengecekan harga. Jika ada selisih item, dokumen akan direset dan dikembalikan ke admin gudang untuk diproses ulang dan jika sesuai, dokumen diserahkan ke data proses untuk pengecekan lebih lanjut.

References

Arifiyanti, A. A., Pradana, R. M., & Novian, I. F, 2018. “Klasifikasi Produk Retur dengan Algoritma Pohon Keputusan” C4.5. 79–86.

Dwi, A., Nasharudin, A., & Ependi, U. (n.d.). “Analisis Peramalan Penjualan Produk Pada PT Enseval Putera Megatrading Tbk Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana”, 317–326.

Fadillah, M. A., Novel, N. J. A., & Irawan, B, 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Proses Pengeluaran Barang Retur Dengan Metode Fishbone Di Gudang Transmart Buahbatu Bandung”, 12(4), 383–390.

Febrianti, D., & Prihandono, 2022. “Analisis Proses Purchase Order (Pesanan Pembelian) Melalui Digital Order Dan Manual Orderpada PT. Astaka Aditama”, VIII (13), 30–39.

Gobel, R. H. Van, & Tewu, M. L. D, 2022. “Analisis risiko service level, register outlet, register outlet dan retur terhadap selling out produk Heavenly Blush Yoguroto”, 5(3), 1690–1695.

Khesya, N. (n.d.). “Mengenal Flowchart Dan Pseudocode Dalam Algoritma Dan Pemrograman”.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M, 2022.

Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M, 2024. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184.

Thamrin, J. R., & Kunci, K, 2022. “Analisis Manajemen Pergudangan pada PT Tinta

Kreatif Bandung”, 5(2), 1205–1213.

Downloads

Published

2025-12-24