Pemanfaatan Pojok Baca sebagai Gerakan Literasi di Mi Miftahul Ulum De Conning School, Dusun Segenter

Penulis

  • I Gusti Agung Arista Pradnyani Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Kota Mataram, Indonesia.
  • Nila Rahayu Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Kota Mataram, Indonesia.
  • Akram Akram Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Kota Mataram, Indonesia.
  • Nur Fitriyah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Kota Mataram, Indonesia.
  • Bambang Bambang Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Kota Mataram, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.810

Kata Kunci:

Literasi, Membaca, Siswa, Pojok Baca

Abstrak

Keterampilan membaca sangat penting dikembangkan pada anak. Program literasi di sekolah diharapkan mampu membangkitkan minat membaca dan menulis sejak dini. Lingkungan literasi di sekolah dapat dibentuk dan dimulai dari pembuatan pojok baca. Pembuatan pojok baca di Mi Miftahul Ulum De Conning School, Dusun Segenter, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara sangat diperlukan karena pada sekolah dasar ini terdapat permasalahan perpustakaan yang kurang terawat dan kebanyakan buku pada perpustakaan tersebut ialah buku pelajaran sehingga untuk jenis buku yang ada dalam perpustakaan tersebut kurang lengkap. Hal tersebut merupakan hasil survei, wawancara, dan observasi yang telah dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat siswa untuk rajin membaca. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain dosen yang tergabung dalam tim Bakti Sosial, mahasiswa HMJ Manajemen, siswa-siswi, dan para guru Mi Miftahul Ulum De Conning School, masyarakat setempat, serta para donatur buku. Hasil kegiatan yaitu terwujudnya Pojok Baca di Mi Miftahul Ulum De Conning School. Dampak dari kegiatan Pojok Baca ini adalah siswa-siswi menjadi paham tentang betapa pentingnya membaca untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan sebagai modal awal siswa dalam menghadapi perkembangan globalisasi dunia

Referensi

Abid, S., Sari, R., & Margareta, E. (2023). Pendampingan Pembuatan Pojok Baca Sebagai Alternatif

Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 73-80

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1. 302

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Pradnyani, I. G. A. A. ., Rahayu, N., Akram, A., Fitriyah, N., & Bambang, B. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca sebagai Gerakan Literasi di Mi Miftahul Ulum De Conning School, Dusun Segenter. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 4(2), 81–87. https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.810