PELATIHAN UJIAN BERBASIS KOMPUTER PADA GURU SD YPPK SANTO PETRUS ARGAPURA

Authors

  • Winda Ade Fitriya B Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Asghar Nazal Universitas Cenderawasih
  • Caecilia Bintang Girik Allo Universitas Cenderawasih
  • Nicea Roona Paranoan Universitas Cenderawasih
  • Sitti Rosnafi’an Sumardi Universitas Cenderawasih
  • Lolita Tuhumena Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1066

Keywords:

Ujian, Berbasis-komputer, Guru

Abstract

Ujian berbasis komputer merupakan salah satu metode evaluasi yang semakin populer dalam dunia pendidikan. Ujian berbasis komputer memungkinkan proses evaluasi menjadi lebih efisien dan akurat. Guru dan siswa dapat dengan mudah mengakses soal-soal ujian, menjawabnya, dan mendapatkan hasil evaluasi secara langsung. Pelatihan ujian berbasis komputer merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD YPPK Santo Petrus Argapura dalam mengelola ujian berbasis komputer. Metode pelatihan yang digunakan meliputi penyampaian materi, praktik langsung, dan evaluasi hasil belajar. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap teknologi ujian berbasis komputer serta kemampuan dalam mengelola ujian tersebut. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di SD YPPK Santo Petrus Argapura.

References

Abubakar, M. P., Tanjung, Y. I., Azhar, Z., Pfis, M., & Prayogi, R. (2021). Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika: Modelling Assessment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots). Media Sains Indonesia.

Dewi Puspita, P. (2018). PENGGUNAAN MEDIA PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 9 PALU. In Scolae: Journal of Pedagogy (Vol. 1, Issue 1).

Fadilla, H., Ramadhan, A. H., Purnama, A., Bayani, N., Agil, S., & Nasution, I. (2023). SUBLIM: Jurnal Pendidikan Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Peserta didik. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 02, 84–90. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Nazal, M. A., Butarbutar, W. A. F., Allo, C. B. G., Saputro, A. D., Seru, F., & Rahmadhan, R. V. (2023). Pelatihan Computer Based Test pada Tim Olimpiade Sains Nasional di SD YPPK Santo Petrus Argapura. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 665–672. https://doi.org/10.54082/jippm.227

Rahmadiah, A., & Handican, R. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Bagaimana evaluasi yang efektif dalam pembelajaran matematika: tinjauan persepsi guru matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3, 357. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Ramadhona Hassolthine, C., Sahara, R., Chriswantoro Putro Universitas Siber Asia Jl Harsono No, F. R., Minggu, P., & Selatan, J. (2023). Sosialisasi Computer Based Test (CBT) sebagai Evaluasi Pembelajaran di SMP Negeri 3 Banguntapan. In JMS: Jurnal Masyarakat Siber (Vol. 2, Issue 4). https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/index42

Rambe, F., Suharyani, S., & Azhar, Z. (2022). Rambe dkk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 02, 1–7.

Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, D. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Fitriya B, W. A., Nazal, M. A., Allo, C. B. G., Paranoan, N. R., Sumardi, S. R., & Tuhumena, L. (2024). PELATIHAN UJIAN BERBASIS KOMPUTER PADA GURU SD YPPK SANTO PETRUS ARGAPURA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 257–264. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1066