Author Guidelines

FORMAT ARTIKEL

Naskah harus diunggah ke sistem Jurnal Abdimas Sangkabira dan disusun dalam format standar, Judul, Penulis, Alamat dan Email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Referensi. Diketik satu sisi kertas putih ukuran A4, kolom tunggal, huruf Tahoma, size 12, Spacing: before 6 pt; after 6 pt, Line spacing: 1.15. Margin di keempat sisinya adalah 2 cm.

JUDUL ARTIKEL

Judul artikel harus ringkas dan informatif. Hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan. Isi artikel harus ditulis dengan jelas dan ringkas.

PENULIS

Naskah memiliki penulis utama dan rekan penulis dengan nama lengkap penulis dan rekan penulis (tanpa singkatan), mencantumkan alamat afiliasi dan alamat email dengan jelas.

ABSTRAK

Abstrak muncul setelah halaman judul artikel. Abstrak harus terintegrasi dan independen yang terdiri dari pendahuluan dan tujuan, metode, hasil, kesimpulan dan saran. Namun abstrak harus ditulis sebagai satu paragraf tanpa header ini. Untuk alasan ini, Referensi harus dihindari. Selain itu, singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari, tetapi jika penting harus didefinisikan pada penyebutan pertama dalam abstrak itu sendiri. Abstrak harus ditulis dengan 150 sampai 200 kata yang tidak memiliki referensi dan disertai kata kunci.

KATA KUNCI

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak serta banyak konsep. Jangan gunakan kata atau istilah dalam judul sebagai kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Kata kunci tidak boleh lebih dari 5 kata atau frase dalam urutan abjad.

PENGANTAR

Sebutkan tujuan pekerjaan dan berikan latar belakang yang memadai, hindari survei literatur terperinci atau ringkasan hasil. Jelaskan bagaimana Anda menangani masalah dan nyatakan dengan jelas tujuan studi Anda. Saat Anda membuat pendahuluan, pikirkan tentang pembaca yang bukan ahli di bidang ini. Pendahuluan harus ditulis menggunakan 750 sampai 1000 kata

BAHAN DAN METODE

Perlu disebutkan waktu dan tempat pengabdian pada bagian pertama. Semua bahan dan metode yang menggunakan bahan kimia tersebut untuk analisis, perlakuan dan desain eksperimental harus dinyatakan dengan jelas dan singkat. Sebutkan tujuan pekerjaan dan berikan latar belakang yang memadai, hindari survei literatur terperinci atau ringkasan hasil. Bagian Teori harus memperluas, bukan mengulang, latar belakang artikel yang telah dibahas dalam Pendahuluan dan meletakkan dasar untuk pekerjaan selanjutnya. Bagian Perhitungan merupakan perkembangan praktis dari dasar teoritis. Bahan dan metode harus ditulis menggunakan 400 sampai 600 kata.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil termasuk pembahasan harus ditulis di bagian yang sama, dan harus dipresentasikan secara terus menerus mulai dari hasil utama hingga hasil pendukung dan dilengkapi dengan pembahasan. Satuan ukuran yang digunakan harus mengikuti sistem internasional yang berlaku. Semua gambar dan tabel ditempatkan secara terpisah di akhir halaman naskah dan harus aktif dan dapat diedit oleh editor.

KESIMPULAN

Kesimpulan harus dijelaskan dengan jelas. Saran ditempatkan setelah kesimpulan memuat rekomendasi atas pengabdian yang telah dilakukan atau masukan yang dapat digunakan langsung. Kesimpulan dan saran harus ditulis menggunakan 40 sampai 80 kata.

PENGAKUAN/ACKNOWLEDGEMENTS

Sebutkan sumber hibah dan orang yang menerima hibah. Sebutkan nama orang yang akan membantu Anda bekerja.

REFERENSI

Penulisan daftar referensi disesuaikan dengan aturan APA Style. (Tahoma, size 12, before 12 pt; after 12 pt; Line spacing: 1). Referensi naskah Anda harus up to date (dalam 5 sampai 10 tahun terakhir dan minimal 20 referensi yang 80% referensi berasal dari jurnal) dan referensi Anda dapat diakses oleh siapa saja. Format referensi pengiriman manuskrip pada jurnal ini dengan gaya APA, yang dapat dilakukan di MS Word. Referensi naskah Anda diatur menurut abjad. Berikut adalah contoh format referensi dengan gaya APA. Silahkan masukan referensi anda menggunakan Aplikasi Mendeley untuk memudahkan anda sebagai Penulis.

Contoh Daftar Referensi:

Adams, E. Kathleen, Nancy Breen, and Peter J. Joski. “Impact of the National Breast and Cervical Cancer Early Detection Program on Mammography and Pap Test Utilization among White, Hispanic, and African American Women: 1996–2000.” Cancer 109, no. S2 (January 15, 2007): 348–358.

Dewi, Nurdiamah, and Achadiyani. “Pembentukan Kader Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Melakukan Deteksi Dini Kanker yang Sering Terjadi Pada Wanita di Desa Sukamanah dan Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.” Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 2, no. 2 (November 2013): 78–84.

Hanafi, Mohammad, Nabiela Naily, Nadhir Salahudin, and A. Kemal Riza. Community-Based Research Sebuah Pengantar. 1st ed. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.

Mardela, Aira Putri, Khomapak Maneewat, and Hathairat Sangchan. “Breast cancer awareness among Indonesian women at moderate-to-high risk.” Nursing and Health Sciences 19 (2017): 301–306.

Muhid, A., Sumarkan, Rakhmawati, Fahmi, L. "Perubahan Perilaku Open Defecation Free (ODF) melalui Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Babad Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro". Engagement : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 1 (Maret 2018), 99–119.

Scarinci, Isabel C., Francisco A.R. Garcia, Erin Kobetz, Edward E. Partridge, Heather M. Brandt, Maria C. Bell, Mark Dignan, Grace X. Ma, Jane L. Daye, and Philip E. Castle. “Cervical Cancer Prevention: New Tools and Old Barriers.” Cancer (2010): NA-NA.
Schiffman, Mark, Philip E. Castle, Jose Jeronimo, Ana C. Rodriguez, and Sholom Wacholder. “Human Papillomavirus and Cervical Cancer.” The Lancet 370, no. 9590 (2007): 890–907.

Sulistiowati, Eva, and Anna Maria Sirait. “Pengetahuan Tentang Faktor Risiko, Perilaku Dan Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Pada Wanita Di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.” Buletin Penelitian Kesehatan 42, no. 3 (September 2014): 10.
Tim Riset Penyakit Tidak Menular. Laporan Riset Penyakit Tidak Menular Tumor Payudara dan Lesi Prakanker Serviks. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, December 2016.

Wantini, Nonik Ayu. “Efek Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Kanker Payudara Pada Wanita Di Dusun Terongan, Desa Kebonrejo, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.” Jurnal Medika Respati 13 (2018): 8.

Yunitasari, Esti, Retnayu Pradanie, and Ayu Susilawati. “Pernikahan Dini Berbasis Transtuktural Nursing Di Desa Kara Kecamatan Torjun Sampang Madura.” Jurnal Ners 11, no. 2 (2016): 6.

Download Author Guideline (PDF)