PELATIHAN PENGELOLAAN USAHA DAN KEUANGAN UNTUK KELOMPOK WANITA TANI

Authors

  • Atika Syuliswati Politeknik Negeri Malang
  • Sutrisno Politeknik Negeri Malang
  • Riezky Amalia Politeknik Negeri Malang
  • Rita Darmayanti Politeknik Negeri Malang
  • Andi Asdani Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1072

Keywords:

Kelompok Wanita Tani, Pengelolaan Usaha, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk membantu memecahkan beberapa masalah terkait pengelolaan usaha dan keuangan Pemanfaatan tanaman TOGA yang mengandung bahan-bahan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat setempat dan produksi kemasan olahan tanaman TOGA merupakan salah satu permasalahan yang timbul dalam pengelolaan usaha. Pengelolaan keuangan masih kacau karena tidak adanya pencatatan keuangan yang baik, dan dibutuhkan modal untuk mengembangkan usaha budidaya. Metode pengabdian yang digunakan adalah memberikan pelatihan dan praktik manajemen usaha dan pengelolaan keuangan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah menghasilkan nilai tambah bagi kelompok tani wanita kelurahan Sawojajar Malang.  Nilai tambah yang dihasilkan adalah sebagai berikut: Pemanfaatan bunga telang menjadi minuman kesehatan dengan rasa dan khasiat yang beragam, pengemasan minuman jamu dengan lebih bersih dan rapi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan meliputi pencatatan penerimaan dan pembayaran, perhitungan biaya produksi, harga pokok penjualan, dan penetapan harga jual produk minuman telang,

References

Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12, 59-64.

Marita, Leny, Arief, Mohammad, Andriani, Nurita, & Wildan, Muhammad. (2021). Strategi Peningkatan Kesejahteraan Petani Indonesia, Review Manajemen Strategis. AGRIEKONOMIKA, Volume 10, Nomor 1, 1-18.

Nugroho, L. Hartanto & Hartini, Sri. (2020). Farmakognosi Tumbuhan Obat: Kajian Spesifik Genus Piper. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pranata, S. Tony. (2014). Herbal Toga (Tanaman Obat Keluarga). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyowati, Y. (2017). Pencatatan Pelaporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Di Kota Malang). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5 (2), 49. Https://doi.org/10.33366/ref.v5i2.831.

Sari, I. D., Yuniar, Y., Siahaan, S., & Syaripuddin, M., (2015). Tradisi Masyarakat Dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Obal di Pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia 5 (2), 123-132.

Yuliana, Anna, Ruswanto, Firman Gustaman. (2021). Sosialisasi Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat Tenang Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2) : 365- 372.

Wahyuningsih, E. D., Setiawati, I., & Prasojo, T. A. (2017). Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, September, 491-495.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Syuliswati, A., Sutrisno, S., Amalia, R., Darmayanti, R., & Asdani, A. (2024). PELATIHAN PENGELOLAAN USAHA DAN KEUANGAN UNTUK KELOMPOK WANITA TANI. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 366–373. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1072