OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA KAKAO DI DESA NGLANGGERAN MELALUI STRATEGI BRANDING, PACKAGING, DAN DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1845Keywords:
daya saing, kemasan, merk, pemasaran, strategiAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing produk kakao di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, yang melibatkan 19 petani dari lima dukuh (Karangsari, Doga, Gunungbutak, Nglanggeran Wetan, dan Nglanggeran Kulon) yang menghadapi kendala dalam strategi pemasaran yang inovatif. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama tiga bulan dengan metode workshop, pelatihan branding, desain kemasan, dan pemanfaatan digital marketing, serta pendampingan berkelanjutan. Evaluasi kuantitatif berdasarkan kuesioner pre dan post pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman petani terhadap strategi pemasaran sebesar 80%. Selain itu, terjadi peningkatan penjualan produk kakao sebesar rata-rata 35% selama periode kegiatan. Kendati demikian, keterbatasan waktu dan jumlah peserta menjadi tantangan utama. Disarankan agar kegiatan ini diperluas dengan melibatkan lebih banyak petani dan dilakukan evaluasi lanjutan guna memastikan keberlanjutan peningkatan daya saing produk kakao. Pengabdian ini diharapkan menjadi model bagi daerah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam pemasaran produk pertanian.
References
Adha, W. M., & Mas’ ud, A. A. (2024). Digital marketing Development Strategy of Cocoa Products. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(6), 1–31.
Babalola, F. D., Ayinde, O. E., Chirwa, P. W., & Thiam, D. R. (2017). Risks and coping strategies of production and marketing of cocoa in Ondo State, Nigeria. Agroforestry Systems, 91, 211–220.
Khan, N., Ray, R. L., Zhang, S., Osabuohien, E., & Ihtisham, M. (2022). Influence of mobile phone and internet technology on income of rural farmers: Evidence from Khyber Pakhtunkhwa Province, Pakistan. Technology in Society, 68, 101866.
Salazar, O. V., Latorre, S., Godoy, M. Z., & Quelal-Vásconez, M. A. (2023). The challenges of a sustainable cocoa value chain: A study of traditional and “fine or flavour” cocoa produced by the kichwas in the ecuadorian Amazon region. Journal of Rural Studies, 98, 92–100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.