OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA KAKAO DI DESA NGLANGGERAN MELALUI STRATEGI BRANDING, PACKAGING, DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Rama Aditiya Sardani Politeknik LPP Yogyakarta
  • Mahagiyani Politeknik LPP Yogyakarta
  • Aminah Politeknik LPP Yogyakarta
  • Sugiono STIKES Surya Global

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1845

Keywords:

daya saing, kemasan, merk, pemasaran, strategi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing produk kakao di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, yang melibatkan 19 petani dari lima dukuh (Karangsari, Doga, Gunungbutak, Nglanggeran Wetan, dan Nglanggeran Kulon) yang menghadapi kendala dalam strategi pemasaran yang inovatif. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama tiga bulan dengan metode workshop, pelatihan branding, desain kemasan, dan pemanfaatan digital marketing, serta pendampingan berkelanjutan. Evaluasi kuantitatif berdasarkan kuesioner pre dan post pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman petani terhadap strategi pemasaran sebesar 80%. Selain itu, terjadi peningkatan penjualan produk kakao sebesar rata-rata 35% selama periode kegiatan. Kendati demikian, keterbatasan waktu dan jumlah peserta menjadi tantangan utama. Disarankan agar kegiatan ini diperluas dengan melibatkan lebih banyak petani dan dilakukan evaluasi lanjutan guna memastikan keberlanjutan peningkatan daya saing produk kakao. Pengabdian ini diharapkan menjadi model bagi daerah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam pemasaran produk pertanian.

References

Adha, W. M., & Mas’ ud, A. A. (2024). Digital marketing Development Strategy of Cocoa Products. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(6), 1–31.

Babalola, F. D., Ayinde, O. E., Chirwa, P. W., & Thiam, D. R. (2017). Risks and coping strategies of production and marketing of cocoa in Ondo State, Nigeria. Agroforestry Systems, 91, 211–220.

Khan, N., Ray, R. L., Zhang, S., Osabuohien, E., & Ihtisham, M. (2022). Influence of mobile phone and internet technology on income of rural farmers: Evidence from Khyber Pakhtunkhwa Province, Pakistan. Technology in Society, 68, 101866.

Salazar, O. V., Latorre, S., Godoy, M. Z., & Quelal-Vásconez, M. A. (2023). The challenges of a sustainable cocoa value chain: A study of traditional and “fine or flavour” cocoa produced by the kichwas in the ecuadorian Amazon region. Journal of Rural Studies, 98, 92–100.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Sardani, R. A., Mahagiyani, M., Aminah, A., & Sugiono, S. (2025). OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA KAKAO DI DESA NGLANGGERAN MELALUI STRATEGI BRANDING, PACKAGING, DAN DIGITAL MARKETING. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(2), 351–355. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1845