PELATIHAN ANALISIS DAN PENCATATAN DOKUMEN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG PADA JURNAL KHUSUS DI SMKN 2 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1847Keywords:
Analisis, Dokumen Transaksi, Jurnal Khusus, Pencatatan, Perusahaan DagangAbstract
Satu di antara kompetensi penting di dalam Akuntansi adalah kemampuan dalam menganalisis dan mencatat transaksi keuangan perusahaan dan salah satunya adalah perusahaan dagang. Perusahaan ini memiliki karakteristik transaksi yang kompleks namun repetitif, seperti pembelian dan penjualan barang dagang. Pencatatan atas transaksi tersebut secara sistematis dan efisien dicatat dalam jurnal khusus. Pemahaman yang baik terhadap dokumen transaksi dan teknik pencatatan di jurnal khusus menjadi salah satu indikator penting dari kesiapan kerja siswa. Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa SMKN 2 Mataram dalam menganalisis dan mencatat dokumen transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang dalam jurnal khusus. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan berupa tutorial, latihan, dan diskusi. Hasil dari pelatihan ini adalah siswa lebih percaya diri terhadap kemampuan mereka dalam menganalisis dan melakukan pencatatan dokumen atas transaksi-transaksi perusahaan dagang yang akan disajikan pada jurnal khusus.
References
Ikatan Akuntan Indonesia. 2020. Basic Financial Accounting. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Kieso, Donald E., Jerry J. Weygant dan Paul D. Kimmel. 2018. Pengantar Akuntansi 1 Berbasis IFRS Edisi ke-2. Jakarta: Salemba Empat.
Marteja, Sigit. 2020. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Siswa Kelas XII IPS2 SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14 (1).
Sihombing, Sotarduga, dkk. 2022. Dasar-Dasar Akuntansi Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang (Teori dan Praktek). Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
SMKN 2 Mataram. 2021. Sejarah Singkat. SMKN 2 Mataram. https://www.smkn2mataram.sch.id/post/read/120/sejarah-singkat.html.
Sugiono, Masyyruufah. 2017. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif, Pemahaman Analisis Transaksi dan Intensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5 (3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.