SOCIAL MEDIA INTERVENTION: “NGESKRIP” POSTS BOOST ENGAGEMENT AT PETRA BUSINESS SCHOOL (PBS)
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1895Keywords:
brand awareness, engagement, Media sosial, Ngeskrip, Petra Business SchoolAbstract
Dampak media sosial yang kini telah menjadi alat penting dalam strategi pemasaran dan komunikasi bagi berbagai organisasi, termasuk institusi pendidikan. pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi Ngeskrip, sebagai digital creator yang dikelola kampus Universitas Kristen Petra (PCU) di jurusan baru di lingkungan PCU yang disebut Petra Business School; di mana lewat dana Pengabdian Masyarakat yang diperoleh, diharapkan Ngeskrip mampu dikembangkan dan diberdayakan. Evaluasi aktivitas Ngeskrip dilakukan dengan menilai engagement dan menakar efektivitas strategi sosial media dalam membangun brand PBS. Evaluasi kegiatan ini menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data engagement dari postingan media sosial PBS yang dikelola oleh Ngeskrip. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa postingan yang dibuat oleh Ngeskrip memiliki engagement yang lebih rendah dibandingkan dengan postingan yang bukan dibuat oleh Ngeskrip. Namun, penggunaan Instagram Ads dan kolaborasi dengan influencer terbukti meningkatkan engagement secara signifikan. Strategi sosial media yang diterapkan oleh Ngeskrip meningkatkan engagement di PBS, terutama melalui penggunaan iklan berbayar dan kolaborasi dengan influencer. Kata kunci: Media sosial, engagement, brand awareness, Petra Business School, Ngeskrip.
References
Amadi, T. The power of social media in schools: Transforming Education Through Connectivity: Blog. Diunduh tanggal 22 September 2022, https://cloudnotte.com/blog/the-power-of-social-media-in-schools-transforming- education-through-connectivity
Baluch, A. Social Media Marketing in 2024: The ultimate guide. Diunduh tanggal 9 Oktober 2024, https://www.forbes.com/advisor/business/social-media-marketing/
Hall, N. Council post: Social Media's important role in creating long-lasting digital connections. Forbes. Diunduh tanggal 12 Agustus 2021, https://www.forbes.com/councils/forbescommunicationscouncil/2021/12/21/social- medias-important-role-in-creating-long-lasting-digital-connections/
Koesmawardhani, N. W. Kampus Asing Ramai Buka Kampus di Ri, Pakar UI: Devisa Bisa Kabur. Diunduh 8 April, 2024, https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-7962763/kampus-asing-ramai-buka-kampus-di-ri-pakar-ui-devisa-bisa-kabur
Lincoln Center Education. The impact of social media on student engagement and learning. Diunduh 8 April, 2024, https://lincolncentereducation.org/the-impact-of- social-media-on-student-engagement-and-learning/
Monae, A. The importance of customer engagement on social media. Diunduh tanggal 26 April 2024, https://www.entrepreneur.com/science-technology/the- importance-of-customer-engagement-on-social-media/449786
Nath, S. et al. 2024. Effect of Social Media on Diet, Lifestyle, and Performance of Athletes: A Review of Current Evidence. Current Nutrition Reports, 13(2), pp. 240– 250
Udescu, A. Social Media in Education: A full guide: Socialinsider. Diunduh tanggal 7 Agustus 2024, https://www.socialinsider.io/blog/social-media-in-education/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.