PENINGKATAN LITERASI ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BAGI FRESH GRADUATE AKUNTANSI MENUJU ANALIS KOMPETITIF
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2487Keywords:
analisis laporan keuangan, daya saing, literasi keuanganAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan literasi analisis laporan keuangan bagi fresh graduate akuntansi agar siap bersaing di dunia usaha dan industri (DUDI). Fokus kegiatan ini adalah memperkuat pemahaman dan keterampilan analisis laporan keuangan melalui pendekatan literasi keuangan berbasis pelatihan, pendampingan, serta diskusi interaktif. Tujuan dari pengabdian ini adalah membekali fresh graduate akuntansi dengan kompetensi praktis dalam analisis rasio, analisis tren, dan analisis komparatif sehingga mereka mampu mengintegrasikan teori dengan praktik. Metode pelaksanaan dilakukan secara virtual melalui Zoom yang diikuti oleh 17 peserta yang memiliki latar belakang fresh graduate pada bidang akuntansi dengan tahapan mulai dari perencanaan, persiapan instrumen pre-test dan post-test, pelaksanaan sosialisasi materi, hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta yang terukur melalui perbandingan nilai pre-test dan post-test. Selain itu, tercipta dinamika positif berupa kesadaran baru mengenai pentingnya analisis laporan keuangan dalam pengambilan keputusan, perubahan perilaku dalam berpikir kritis, serta munculnya inisiatif kepemimpinan di kalangan peserta untuk menginisiasi kelompok belajar. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis tetapi juga mendorong transformasi sosial menuju sumber daya manusia akuntansi yang lebih kompetitif.
References
Abdillah, Fazli. 2024. Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1 (1), 13-24.
Azalia, A., Sudiman, J., & Maryati, U. 2021. Skill Mismatch yang Dirasakan oleh Alumni Program Studi Diploma IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Akuntansi dan Manajemen, 16 (2), 1-21.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2025, 5 Mei. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,76 persen [Siaran Pers]. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2025/05/05/2432/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-76-persen--rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-09-juta-rupiah-.html
Badan Pusat Statistik (BPS). 2025, 6 Februari. Tingkat Pengganguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2024. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
https://www.bkpm.go.id/id/info/siaran-pers/daya-saing-indonesia-capai-peringkat-terbaik-sepanjang-sejarah diakses pada tanggal 4 November 2025; pukul 18.10 WIB.
Pemerintah Indonesia. 2024. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045.
Sudono, D., & Lingga, G. F. 2019. Bridging Indonesia’s Skills Gap Through Partnership Between Industry - Vocational Education And Training. International Labour Organization.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.





