PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR DIGITAL BERBASIS DEEP LEARNING BAGI GURU MA MIFTAHUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2562Keywords:
Deep Learning, Media Ajar Digital, PelatihanAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru MA Miftahul Ulum Gresik dalam pembuatan media ajar digital berbasis Deep Learning. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi sebagian besar guru yang masih terbatas dalam mengembangkan media ajar digital dan belum familiar dengan penerapan prinsip Deep Learning dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan menghasilkan media ajar digital yang interaktif, kreatif, dan bermakna berbasis pembelajaran Deep Learning. Metode yang digunakan meliputi pelatihan dan pendampingan melalui penyampaian materi teoritis, praktik langsung pembuatan media ajar digital menggunakan platform Canva, Wordwall, dan Quizizz, serta implementasi media dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan dan keterampilan guru. Sebelum kegiatan dilaksanakan, sekitar 75% guru belum memahami konsep Deep Learning dan hanya 20% yang memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan platform digital. Setelah pelatihan dan pendampingan, 90% guru mampu menjelaskan konsep Deep Learning dengan baik, dan 85% guru berhasil membuat serta mengimplementasikan media ajar digital interaktifigital, khususnya dalam pembelajaran Deep Learning.
References
Hadi F, Darmawan A.A. 2021. The implementation of virtual board games in teaching speaking to the undergraduate students. Paper presented at the the 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021)
Munahefi D.N, Lestari F.D, Mashuri, Kharisudin I. 2023. Pengembangan kemampuan literasi numerasi melalui pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 6:663-9. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nurrita T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari’ah dan Tarbiyah. Jun;3(1):171. Available from: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Tambusai A, Nasution K. 2022. Tingkat pemahaman bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah ;1(1). Available from: https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah
Putra L.V, Rizqi H.Y. 2024. Pendampingan pembuatan modul ajar berbasis Deep Learning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2).
Rahmawati, A., & Pratama, R. 2021. Analisis Hambatan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–54
Saputra N.I, Dibdyaningsih H, Ramadhan R. 2023. Wordwall as an online assessment platform in teaching English. JELTII: Journal of English Language Teaching and Islamic Integration. Vol 6. No.1: https://doi.org/10.5281/zenodo.10548189
Suryanida D.P, Suyantiningsih S. 2022. Analisis pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Jurnal Abdimas Epistema. 3(2). Available from: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50458
Swawikanti K. 2024. Mengenal Deep Learning, pendekatan belajar baru dari Mendikdasmen. Diunduh tanggal 5 Agustus 2025, https://www.ruangguru.com/blog/pendekatan-deep-learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.





