PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2686Keywords:
motivasi belajar, peserta didik SD, pendampingan belajar, bimbingan belajar di rumahAbstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, namun banyak peserta didik sekolah dasar mengalami penurunan motivasi akibat minimnya pendampingan belajar di rumah. Orang tua sering terkendala waktu, kemampuan akademik, dan fasilitas, sehingga anak kurang memperoleh bantuan ketika menghadapi kesulitan belajar. Kondisi tersebut juga terjadi pada peserta didik di RT 015 Sebalo, yang menunjukkan rendahnya motivasi dan pemahaman materi, terutama pada mata pelajaran seperti membaca, menulis, dan matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakan program pendampingan bimbingan belajar dengan pendekatan ABCD (asset based community development) yang berfokus pada pemanfaatan aset komunitas seperti keterlibatan orang tua, relawan, serta ruang belajar yang tersedia. Program berlangsung selama tiga minggu, melibatkan 10 peserta didik dari jenjang kelas I, III, IV, dan V. Tahapan kegiatan meliputi identifikasi masalah, persiapan dengan pendekatan appreciative inquiry, pelaksanaan bimbingan tiga kali seminggu, serta evaluasi melalui kuis dan observasi keaktifan. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar, antusiasme mengikuti kegiatan, serta kemampuan memahami materi yang dibuktikan melalui hasil kuis dan tugas lisan. Program ini membuktikan bahwa bimbingan belajar berbasis komunitas efektif meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar peserta didik sekolah dasar.
References
Ana Zumrotun Nisak, Atun Wigati, N. A. (2022). Pola Pendampingan Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(2), 384–391.
Hamidi, et al. (2024). Pendampingan Belajar Pada Anak Usia SD untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar di Desa Amadanom. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 392–398.
Lilis Saputri, et al. (2023). Pendampingan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar di Desa Tanjung Putus ,. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–99.
Margaretha Lidya Sumarni, Pebria D. Purnasari, S. (2023). Pendampingan strategi belajar kooperatif untuk meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: MEMBANGUN NEGERI, 7(1), 148–155.
Nur Hamidah, M. I. B. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolh Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3), 56–68.
Nyoman Ayu Putri Lestari. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Siswa SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penngabdian Masyarakat Indonesia, 1(2).
Russell, C. (2021). Asset-Based Community Development (ABCD): Looking Back to Look Forward (2021, 3rd Edition).
Titania Mega Angayomi, Irfai Fathurohman, M. S. K. (2021). Motivasi Siswa SD Mengikuti Bimbingan Belajar Omah Sinau Blora. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 11–16. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20404
Yusifa, S. S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD dalam Tinjauan Neurosains. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.





