PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI PONDOK PESANTREN SYAMSUL FALAH, TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT TERKAIT PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Authors

  • Iga Della Delphia Universitas Mataram
  • Candra Eka Puspitasari Universitas Mataram
  • Eskarani Tri Pratiwi Universitas Mataram
  • Yoga Dwi Saputra Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.301

Keywords:

PHBS, pengabdian, penyuluhan, pondok pesantren

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan Institusi Pendidikan merupakan upaya kesadaran akan kebersihan oleh peserta didik dan guru sehingga dapat terciptanya lingkungan belajar yang bersih dan sehat. Pesantren merupakan salah satu Institusi Pendidikan yang rentan terkena berbagai penyakit dikarenakan santri yang mondok tinggal bersama, oleh sebab itu perlunya dilakukan penyuluhan terkait PHBS. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tatanan Institusi Pendidikan di Pondok Pesantren Syamsul Falah. Metode pelaksanaan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah yang dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner yang telah divalidasi dan penyuluhan PHBS di Pondok Pesantren Syamsul Falah. Hasil pengisian kuesioner yang didapatkan dari total 17 responden yang telah mengisi kuesioner mengalami peningkatan dari hasil nilai pre-test dan post-test setelah dilakukannya penyuluhan terkait PHBS di Pondok Pesantren Syamsul Falah.

References

Arisanthi, Luh Citra., Nadya Arianit Turisia., and Candra Eka Puspitasari. “Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Tatanan Rumah Tangga Dusun Wanasari Kota Mataram.” Journal PEPADU, 3(2), (2022): 246-253.

Devhy, Ni Luh Putu., dkk. Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Bandung, Media Sains Indonesia, 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Semua Tatanan, 2020. http://diskes.karangasemkab.go.id/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-pada-semua-tatanan/

Direktorat Sekolah Dasar. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jakarta, Direktorat Sekolah Dasar, 2021.

Efendi, Ferry., and Makhfudli. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika, 2009.

Hardani., Rizal Pratama Adi Putra., and Agus Supringanto. “Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Mewujudkan Generasi Peduli Sehat di Masa Pandemi COVID-19.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), (2021): 1105-1112.

Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, 2012. https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=1642

Kementerian Kesehatan R1. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Jakarta, 2011.

Lufthiani., dkk. MODUL Penyakit Dan Pencegahan Masalah Kesehatan Anak Di Rumah. Sumatera, Azka Pustaka, 2022.

Nadrati, Bahjatun., Wisnu Probo Wijayanto., and Musniati. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Santri di Pondok Pesantren Ad Diinul Qayyim Lombok Barat.” Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1), (2019): 1-6.

Raharjo, Ahmat Sigit., Sofwan Indarjo S.KM. “Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati).” Unnes Journal of Public Health, 3(1), (2014): 1-10.

Zein, Umar, and mir El Newi. Buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda dan Mitos). Yogyakarta, Deepublish Publisher, 2019.

Zulkifli., dkk. Berkarya Bersama di Tengah COVID-19. Sulawesi Selatan, IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Delphia, I. D., Puspitasari, C. E., Pratiwi, E. T., & Saputra, Y. D. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI PONDOK PESANTREN SYAMSUL FALAH, TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT TERKAIT PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS). Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.301