PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM BATIK DI WILAYAH PAKISAJI, KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.64Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Batik Pakisaji, Strategi PemasaranAbstract
Pemasaran produk merupakan salah satu permasalahan klasik yang dihadapi oleh para pemilik usaha, terutama yang termasuk dalam UMKM. Salah satu strategi yang dapat dilakukan pada masa pandemi ini adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu bentuk promosi yang mengikuti adaptasi teknologi adalah dengan menggunakan promosi digital. Bentuk promosi digital telah banyak dilakukan oleh para pelaku UMKM, namun banyak pengusaha yang belum mengetahui tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran secara online.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa sosialiasi mengenai strategi dan aplikasi apa saja yang dapat digunakan sebagai media pemasaran bagi pelaku UMKM Batik di wilayah Pakisaji, Kabupaten Malang. Pelatihan akan diberikan dalam dua langkah yang terdiri dari pemberian materi dan penjabaran contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pemasaran.
References
Nana. Disparbud Kabupaten Malang Support Lahirnya Ikon Batik. https://www.malangtimes.com/baca/17999/20170413/160152/disparbud-kabupaten-malang-support-lahirnya-ikon-batik, (April 13, 2017).
No Name (N.N). Dr. Tantri Motivasi Pengrajin Batik Kabupaten; Tetap Produksi Dimasa Pandemi. http://www.jurnalmalang.com/2020/09/dr-tantri-motivasi-pengrajin-batik.html?m=1, 2020.
Nana, D. Pantang Surut, Jajuk Rendra Kresna Siap Kawal Kampung Batik Pakisaji Terwujud, asal... https://malangtimes.com/baca/37170/20190319/162300/pantang-surut-jajuk-rendra-kresna-siap-kawal-kampung-batik-pakisaji-terwujud-asal, (March 19, 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Abdimas Sangkabira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.