PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID “AKUNTANSI UKM” UNTUK PENJUAL ONLINE

Authors

  • Nurabiah Universitas Mataram
  • Herlina Pusparini Universitas Mataram
  • Nur Fitriyah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.78

Keywords:

Pendampingan, Aplikasi Akuntansi UKM, Penjual Online

Abstract

Berkembangnya e-commmerce (online shoping) di masa covid-19 ini mengakibatkan semakin banyak yang bekerja sebagai penjual online dan rata-rata penjual online belum mencatat semua transaksi penjualannya. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan penjual online tersebut membuat laporan keuangan dan akses ke perbankan lebih terbuka. Pengabdian ini bertujuan untuk untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan aplikasi android “akuntansi UKM” pada penjual online di Kota Mataram. pelaksanan pengabdian ini ada dua tahap, antara lain : 1) memberikan pengetahuan tentang aplikasi android “Aplikasi UKM” dengan berbagai kemanfaatannya bagi penjual online sehingga bisa melek dengan aplikasi ini. 2) pendampingan penggunaan aplikasi android “Aplikasi UKM” untuk memudahkan penjual online dalam hal pembukuan. Dalam pelatihan ini metodenya ceramah, latihan dan diskusi. Sasaran pendampingan penggunaan aplikasi android “akuntansi UKM” ini pada penjual online di Kota Mataram. Pendampingan ini dilaksanakan selama sehari dengan 12 orang yang berjualan lewat on-line yang ada di kota Mataram. Pengabdian ini dilaksanakan tanggal 15 September 2021. Pengabdian ini menfokuskan pendampingan dalam hal penggunaan aplikasi akuntansi UKM berbasis android.  Aplikasi ini sangat mudah dijalankan dan outputnya berupa laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi terutama standar akuntansi untuk EMKM. Aplikasi Akuntansi UKM dapat dijalankan oleh siapa saja dengan hanya membutuhkan sedikit saja pengetahuan tentang akuntansi. Karena waktu terbatas ada beberapa penjual online yang belum terlalu paham untuk penggunaan aplikasi ini. Oleh karena itu Kami Tim pengabdi membuatkan modul cara-cara penggunaan aplikasi akuntansi UKM ini dari awal sampai menghasilkan laporan keuangan. Dan Tim pengabdi bisa melakukan pendampingan secara berkelanjutan dengan mencantumkan contac person tim pengabdian.

 

References

Adiya, A., Agus Triono, R., & Kusanti, J. (2015). Pembuatan Website E-Commerce Pada Toko Mainan dan Figure Hazashop Semarang. Jurnal EPUB (Electronic Publication).
Ahmad, K. 2012. The use of management accounting practices in Malaysian SMEs. PhD Dissertation, University of Exeter, United Kingdom.
Cristianto, & Riki. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis WEB Hi Gadget Store. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 6(1).
Kontan.co.id. diakses pada tanggal 10 Februari 2020
Nandan, R. 2010. Management Accounting Needs Of Smes And The Role Of Professional Accountants: A Renewed Research Agenda. Journal of Management Accounting Research (JAMAR), 8: 65-77.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., Mirsya, S., & Nasution, A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai, 23(2), 292–299.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Nurabiah, Pusparini, H., & Fitriyah, N. (2022). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID “AKUNTANSI UKM” UNTUK PENJUAL ONLINE. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.78