KIAT MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI UMKM “BENGKEL FIRA” DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Isnawati Isna Universitas Mataram
  • Biana Adha Inapty Universitas Mataram
  • Eni Indriani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.86

Keywords:

Edukasi, Strategi Bertahan, Pandemi

Abstract

UMKM merupakan usaha paling berdampak sehingga berdasarkan survei ADB sebanyak 48,6 persen UMKM tutup sementara. Tak hanya itu UMKM Indonesia juga turut mengalami permasalahan lain akibat pandemic yaitu sulit mendapatkan bahan baku dan terhambatnya distribusi karena logistic yang tersendat akibat terbatasnya pergerakan orang dann barang. Bengkel “Fira” merupakan salah satu perusahaan jasa yang berlokasi di Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Bengkel “Fira” juga merupakan salah satu UMKM yang terdampak dengan pandemic Covid-19, dimana banyaknya kebijakan pemerintah larangan berkerumun menyebabkan angkutan umum yang menjadi konsumen utama Bengkel ini juga tidak banyak beroperasional, sehingga menyebabkan jumlah pemasukan menurun, bahkan dikhawartirkan tutup jika kondisi pandemic berjalan terus. Sementara faktanya usaha Bengkel ini merupakan sumber penghasilan utama bagi bapak Nurjayadi, semua kebutuhan sehari-hari bergantung dari usaha ini. Sehingga. Solusi yang ditawarkan untuk pemecahan masalah yang dijelaskan di atas adalah dengan cara memberikan edukasi tentang kita-kiat untuk bertahan di masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat berjalan sesuai dengan rencana yang dijadwalkan selama 5 (lima) bulan untuk keseluruhan rangkaian kegiatan yang meliputi kegiatan pelaksanaan, evaluasi sampai dengan penyusunan laporan. Khusus kegiatan pelaksanaan terlaksana hanya 2 kali yaitu pada hari Jumat tanggal 6 bulan Agustus 2021 dan hari Jumat tanggal 3 bulan September 2021. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh tim selama kegiatan pengabdian untuk membantu Bengkel Fira bangkit dan bertahan di masa pandemic Covid 19, antara lain: a)Inovasi Pemasaran, yaitu New Normal di mata pengusaha asrtinya harus new Strategi untuk bisa bertahan di masa pandemic. b) Inovasi Pelayanan Selain melakukan inovasi pemasaran, Bengkel Fira juga diarahkan untuk melakukan inovasi pelayanan. Jika sebelumnya pelayanan dilakukan untuk mobil-mobil yang dating langsung ke Bengkel, namun sekarang sudah berinovasi layanan “panggil ke rumah

References

Kusumastuti, Anggit Dyah. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Business Continuity Management (BCM). eJournal Administrasi Bisnis, Volume 8, Nomor 3, 2020.

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021.

https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/605.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Isna, I., Inapty, B. A., & Indriani, E. (2021). KIAT MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI UMKM “BENGKEL FIRA” DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.86