PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENATAAN DESA WISATA DI DESA PANDA KABUPATEN BIMA

Authors

  • Ihdal Karomi Politeknik Pariwisata Lombok
  • Yoyok Antoni Politeknik Pariwisata Lombok
  • Muhammad Husni HM Politeknik Pariwisata Lombok
  • Dimas Purnama Dewata Politeknik Pariwisata Lombok
  • Rea Kurniawan Abka Politeknik Pariwisata Lombok

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.967

Keywords:

homestay, housekeeping, front office, waste management

Abstract

Informasi kepada masyarakat yang mengetahui tentang tersedianya fasilitias berupa akomodasi penginapan masih kurang, yakni homestay sebagai tempat menginap pada saat melakukan kunjungan wisata ke Kab. Bima. Selain itu masyarakat yang memiliki homestay juga belum memahami konsep dan standarisasi dari pengelolaan homestay itu sendiri. Selain persoalan terkait pemasaran dan pengelolaan homestay, Tim Observasi juga memperoleh informasi bahwa masyarakat yang berada di kawasan Desa Panda belum memahami konsep “waste management”, yakni masih terdapat sampah yang berserakan dan mengganggu pemandangan desa wisata. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bersifat pelatihan dialog-partisipatif yaitu mengajak masyarakat yang berada di Desa Wisata Kab. Bima untuk terlibat langsung dalam program sosialisasi dan pelatihan yang akan dilakukan. Tujuan   utama   yang   dicapai   dalam program  pengabdian  masyarakat  ini  adalah mengacu pada beberapa luaran; (1) optimalnya pengelolaan homestay di bidang housekeeping dan front office; (2) efektifnya kemampuan pengelola di dalam memasarkan homestay secara digital; (3) perubahan paradigma masyarakat akan arti pentingnya waste management di dalam mengelola desa wisata yang berkelanjutan; (4) dan meningkatnya hospitality pengelola desa wisata.

References

Arianto, A. F. K. (2023). Pengaruh Omzet dan Jumlah Kunjungan Program Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Terhadap Peningkatan Penigkatan Pendapatan UMKM dalam Perspektif Islam (Studi Pada Desa Tebat Lereh, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan Penerima ADWI 2022). 1–78.

Fitriana, R. (2020). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2059

H. Demolinggo, R., Damanik, D., Wiweka, K., & Pramania Adnyana, P. (2020). Sustainable Tourist Villages Management Based on Javanese Local Wisdom ‘Memayu Hayuning Bawono’ Best Practice of Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta. International Journal of Tourism & Hospitality Reviews, 7(2), 41–53. https://doi.org/10.18510/ijthr.2020.725

Kanom, K., Darmawan, R. N., & Nurhalimah, N. (2020). Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24. https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i1.777

Keliwar, S., Nurcahyo, A., & Iswandari, R. K. (2023). Pengembangan Kapasitas Pokdarwis Melalui Pelatihan Standar Pengelolaan Homestay dan Pemasaran Produk Wisata Berbasis Masyarakat di Kelurahan Guntung Bontang. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2), 186. https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.186-193

Krismawanti, N. P. D., Utama, I. G. B. R., & Feoh, G. (2023). Penerapan Pemasaran Digital dalam Pengembangan Paket WIsata Desa Blimbingsari, Jembrana, Bali. Journal of Engineering Research, 3(5), 989–998.

Krisnawati, I. (2021). Program Pengembangan Desa Wisata Sebagai Wujud Kebijakan Pemerintah Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Pasca Covid dan Implementasinya. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i2.1974

Lesnussa, Y. R. A., & HM, M. H. (2023). Strategi Pemasaran Online Menggunakan Metode Pose Di Homestay Bale Kembang Kuning Dan Roemah Renjana Makassar. Open Journal Systems, 17(9), 2217–2224.

Masesa, S., & Fatimah, S. (2023). Destinasi Kampung Minang Nagari Sumpur: Wisata Budaya Berbasis Kearifan Lokal. 7, 24241–24252.

Moreta, A., & Harirah, Z. (2023). Collaborative Governance dalam Pengembangan Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan pada Tahun 2021 - 2022. Journal of Social and Policy Issues, 3(3), 106–112.

Mulyati, M., Faesal, M., Marsita, J., Damayanti, E., Aqiilah, N., Kudus, R. A., & Aviani, F. (2023). Pelatihan Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Homestay di Desa Wisata Edukasi Cisaat Kabupaten Subang, Jawa Barat. 20, 278–287.

Nasution, L., Anom, S., & Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.627

Nur’Aini, S., Zaidah, N., Setyorini, A., & Affini, L. N. (2022). Edukasi Waste Management Untuk Warga Pedesaan. 1(1), 52–62.

Pratiwi, A. N., Zulfa, B. K., Permatasari, D. A., Maharani, L. J., & Helyanan, P. S. (2021). Strategi Pengelolaan Homestay Melalui Penerapan Chse dan Pemanfaatan Digitalisasi Media Sosial di Desa Wisata Purwosari. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 2(4), 170–176. https://doi.org/10.47841/soshum.v2i4.3

Rahardjo, S., & Dengan, C. (2021). Strategi Pengelolaan Sampah Berdasarkan Perspektif Sapta Pesona ( Kebersihan ) Untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Waste Management Strategy Based on the Perspective of Sapta Pesona ( Cleanliness ) To Increase Community Interest. 12(April).

Ramadhan, W. M., Rahman, A. Z., & Rostyaningsih, D. (2023). Analytical Hierarchy Process Pengembangan Kampung Wisata Genuk Indah Menuju Anugerah Desa Wisata Indonesia (Adwi). Journal of Public Policy And Management Review, 12(3), 456–465. http://www.fisip.undip.ac.id

Rokhani, Aji, F., Badrudin, A., & Anwar. (2023). Optimalisasi Potensi Kuliner Desa Sukosari Kidul Melalui Pasar Lereng Raung. 17(1), 65–79. https://doi.org/10.19184/wrtp.v17i1.37219

Setiawati, R. (2020). Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan Di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98

Sudira, P., Sahria, Y., Triyono, M. B., Bawono, S. E., Widodo, & Prihandini, T. F. (2023). Pendampingan Penilaian Anugerah Desa Wisata ( ADWI ) Upaya Desa Segajih dalam Mewujudkan Keberlanjutan Global Destinasi Pariwisata. 5(2), 80–94. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202352.13698

Susanty, S., Murianto, & Sriwi, A. (2023). Pola Kemitraan Pentahelix dalam Pengembangan Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat, NTB. 18(1978), 21–42.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Karomi, I., Antoni, Y., HM, M. H., Dewata, D. P., & Abka, R. K. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENATAAN DESA WISATA DI DESA PANDA KABUPATEN BIMA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 284–294. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.967