Membangkitkan Jiwa Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Penghitungan Laba Rugi dan BEP Pada Siswa SMP IT Al- Azhar Mojokerto

Penulis

  • Fitra Ria Silvida FEB-I Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto

Kata Kunci:

BEP, Ekonomi Kreatif, Laba Rugi

Abstrak

Pemberian materi terkait ekonomi kreatif kepada siswa SMPIT Al Azhar diharapkan bisa membangkitkan jiwa enterpreneur siswa yang diarahkan ke arah ekonomi kreatif. Pengabdian masyarakat dimulai dengan pemberian materi terkait sosialisasi ekonomi  kreatif, analisa situasi ekonomi kreatif di Kabupaten Mojokerto, pemberian materi terkait business plan, penghitungan laba rugi dan BEP (BREAK EVENT POINT), kemudian diakhiri dengan pemberian modal usaha sebesar Rp.100.000,- kepada 5 tim siswa dengan business plan paling menarik dan yang paling realistis bisa dijalankan dengan besaran modal tersebut. Setelah itu dilakukan pendampingan dan pemantauan usaha selama satu bulan kedepan oleh narasumber dan pihak sekolah terkait jalannya usaha ekonomi kreatif ini. Hasil yang diperolah adalah 5 usaha ekonomi kreatif yang sudah dijalankan oleh 5 tim siswa mendapatkan laba sebesar 10-20% dalam periode satu bulan berjalan. Unit usaha ekonomi kreatif ini dilakukan dan dijalankan di dalam sekolah. Sehingga bagi siswa yang tidak mendapatkan bantuan modal, dapat dipastikan bahwa siswa tersebut setidaknya sudah mengetahui dan memahami bahwa ada ekonomi kreatif yang bisa mereka lihat sebagai satu peluang untuk menampung ide kreatifitas dan juga menghasilkan uang. Selain itu siswa juga mampu menghitung BEP (Break Event Point) dan laba rugi usaha dengan format yang sederhana namun tetap tidak mengurasi esensi pentingnya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Ria Silvida, F. (2023). Membangkitkan Jiwa Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Penghitungan Laba Rugi dan BEP Pada Siswa SMP IT Al- Azhar Mojokerto. Jurnal Abdi Anjani, 1(2), 41–46. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/889