PELATIHAN PENINGKATAN PENDAPATAN DAN PENCATATAN USAHA PADA INDUSTRI KOPIAH DI KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT

Authors

  • D. Tialurra Della Nabila Universitas Mataram
  • Animah Animah Universitas Mataram
  • Nungki Kartikasari Universitas Mataram
  • Adhitya Bayu Suryantara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.3

Keywords:

industri kopiah, e-commerce, motivasi kerja, pencatatan

Abstract

Industri kopiah yang terdapat di Kediri Selatan Bangket Dalam Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat turut berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi  masyarakat  setempat.  Kecilnya  modal  usaha,  sumber daya manusia yang terbatas, dan tidak adanya pencatatan keuangan  menjadi  kendala dalam mengembangkan usaha kopiah ini. Tujuan diadakannya program PKM ini adalah untuk meningkatkan pendapatan melalui pemasaran  produk  melalui e-commerce dengan pemanfaatan media sosial dan situs jual  beli terkemuka, meningkatkan motivasi kerja pemilik usaha dan  pekerja  sehingga  dapat menekan penurunan minat dan meningkatkan  kualitas  sumber  daya  manusia, serta menerapkan pencatatan keuangan yang  baik  secara  rutin.  Hasil  dari kegiatan PKM ini adalah Mitra memahami pentingnya pemasaran melalui e- commerce dan mengaplikasikannya melalui media sosial dan situs jual beli online serta mengikuti  perkembangan  selera  pasar  terhadap  model  kopiah  terkini. Selain itu, Mitra memahami pentingnya meningkatkan mmotivasi kerja karyawan untuk menghasilan produk yang berkualitas dan bersaing. Terakhir, Mitra dapat mempraktian pencatatan atas setiap biaya produksi dan penjualan yang diterima untuk keberlangsungan usaha Mitra kedepannya.

References

Abdullah, Fahri.2012. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.Jakarta Purwaji, Agus.2017. Pengantar Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta
Janrosl, V. S., Sari, D. E., Tuwonaung, S. T. 2017. Pembinaan Financial Report Pada Pelaku UMKM Kecamatan Sagulung Batam. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat , Vol.1, No.2.

Putri, Z. E. 2018. Pemanfaatan Jaringan Sosial dalam Pengembangan Usaha oleh Pelaku UMKM (Studi Kasus 8 UMKM pada Sentra Makanan Rendang di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh). Jurnal Sains Sosial dan Humaniora , Vol. 2, No. 1.

Sujarweni, V. W. 2016. Implementasi Penentuan Harga Pokok Produksi Untuk Mencapai Laba Optimal (Studi Pada Sentra UMKM Industri Bakpia Di Wilayah Minomartani Sleman Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan , Vol.4, No.3, pp 12-26.

Downloads

Published

2020-05-25

How to Cite

Della Nabila, D. T., Animah, A., Kartikasari, N., & Bayu Suryantara, A. (2020). PELATIHAN PENINGKATAN PENDAPATAN DAN PENCATATAN USAHA PADA INDUSTRI KOPIAH DI KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT. Jurnal Abdimas Independen, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.3