PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI KOPERASI SERBA USAHA MUDA BERTANI LOMBOK UTARA

Authors

  • Intan Rakhmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Raden Sapto Hendri BS Universitas Mataram
  • baiq Rosyida Dwi Astuti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v3i2.307

Keywords:

Rancangan Aplikasi, Pengelolaan Keuangan Koperasi

Abstract

Koperasi sebagai bagian badan usaha yang didirikan di desa, merupakan sumber potensial untuk memperoleh pendapatan bagi desa. Pada Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, terdapat Koperasi Serba Usaha Muda Bertani, yang memiliki 2 unit usaha, yaitu usaha simpan pinjam dan usaha jual beli sembako serta hasil pertanian, yang di-supply dari masyarakat dan pihak lain sebagai pengolahnya. Dengan kompleksnya unit usaha koperasi ini, pengelola koperasi membutuhkan rancangan sistem akuntansi, untuk mengelola usahanya.
Pengabdian ini bertujuan memberikan rancangan sistem akuntansi bagi 2 unit usaha koperasi. Selain itu, Tim Pengabdian juga memberikan pelatihan untuk mengoperasikan rancangan aplikasi akuntansi yang sudah dibuat. Dengan adanya perancangan dan pelatihan ini, diharapkan pengelola Koperasi Serba Usaha Muda Bertani dapat menghitung laba rugi serta neracanya, sehingga dapat mengelola usahanya dengan baik, dan mencapai peningkatan pendapatan sesuai yang diharapkan.

References

Anonim, Buku Cara Cepat Mengelola Laporan Keuangan, http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/hki/BUKU_Cara_cepat_Mengelola_Laporan_Keuangan_Koprasi_Untuk_Petugas_Koperasi_SMK.pdf, diakses pada 2 Februari 2022.

CV. Natusi, 23 Juli 2018, Alur Pembukuan Koperasi Simpan Pinjam, https://koperasisimpanpinjamcom.wordpress.com/2018/07/23/pembukuan-dalam-koperasi-simpan-pinjam-3/, diakses pada 5 Februari 2022.

CV. Natusi, 23 Juli 2018, Pembukuan dan Laporan Keuangan dalam Koperasi Simpan Pinjam, https://koperasisimpanpinjamcom.wordpress.com/2018/07/23/pembukuan-dalam-koperasi-simpan-pinjam-3/, diakses pada 5 Februari 2022.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Rakhmawati, I., BS, R. S. H., & Dwi Astuti, baiq R. (2022). PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI KOPERASI SERBA USAHA MUDA BERTANI LOMBOK UTARA. Jurnal Abdimas Independen, 3(2), 60–66. https://doi.org/10.29303/independen.v3i2.307