PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGANTERPADU PADA UD. DUA DEWI KERIPIK NANGKA Q-ECCO DESA WONOSARI KECAMATAN PUGER JEMBER

Authors

  • Arik Susbiyani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaid Nursaid Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.33

Keywords:

Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian  berjudul “Pelatihan Manajemen Keuangan Pada UD. Dua Dewi Keripik Nangka Q-Ecco Puger ”adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengusaha, diantaranya adalah, yaitu: (1) Pengusaha dalam menjalankan usahanya belum memahami manajemen keuangan akibatnya setiap pengambilan keputusan hanya berdasarkan asumsi semata-mata bukan pada kondisi sebenarnya keuangan.  (2) Terbatasnya pengetahuan mitra tentang pencatatan keuangannya, akibatnya pengrajin tidak dapat mengakses dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari BUMN atau program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Target khusus dalam program Pengabdian  ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan manajemen usaha terpadu (manajemen keuangan,  manajemen penjualan, dan laporan keuangan). Sehingga kontinuitas usaha dapat dipertahankan karena puluhan masyarakat didesa ini menggantungkan hidup mereka pada usaha keripik nangka ini.

Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah mitra program pengabdian adalah bidang manajemen keuangan dan pelaporan keuangan yang tahapan: Penguatan bidang manajemen keuangan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mitra usaha dalam pengelolaan keuangan. (b) Pelatihan dan pendampingan laporan keuangan sebagai upaya untuk mengatasi sulitnya mitra akses dana bank. (c) Pemantauan, evaluasi dan pelaporan.

Hasil yang telah dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah mitra dan binaan mitra memahami manajemen keuangan dan memahami proses akuntansi dalam menyiapkan laporan keuangan. Selama proses evaluasi dan pemantaun mitra secara bertahap membenahi laporan keuangan.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Susbiyani, A., & Nursaid, N. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGANTERPADU PADA UD. DUA DEWI KERIPIK NANGKA Q-ECCO DESA WONOSARI KECAMATAN PUGER JEMBER. Jurnal Abdimas Independen, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.33