PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PADA SENTRA KERAJINAN DI TERMINAL TELUK NARA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Irwan Suriadi Universitas Mataram
  • M. Mujahid Dakwah Universitas Mataram
  • Himawan Sutanto Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.41

Keywords:

Produk Kerajinan, Manajemen Usaha, Teluk Nara KLU.

Abstract

Tujuan program ini adalah untuk membantu mitra adalah untuk Menerapkan manajemen usaha yang modern dan pemasaran produk kerajinan melalui media online. Target khusus program PPM Kemitraan ini adalah mampu memasarkan produk kerajinan dengan luas tidak hanya dilokasi penjualan tetapi juga ke seluruh dunia. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan kegiatan ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan.

Kegiatan dari program PPM Kemitraan ini terdiri dari : (1) pelatihan manajemen usaha yang komprehensip dan modern, (2) pelatihan pemasaran produk kerajinan melalui pemsaran onlineyang menjangkau seluruh pasar dunia yang dilakukan oleh Tim PPM Kemitraan.

Hasil program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengusaha pengerajin souvenir di teluk nara dapat menerapkan manajemen usaha yang modern yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi seperti penerapan manajemen pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk souvenirnya sehingga produk tersebut dapat terkenal bukan hanya di indonesia bahkan diseluruh dunia dengan bantuan teknologi informasi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk pelatihan dan penyuluhan berkaitan manajemen usaha modern dengan pemanfaatan teknologi informasi, terutama melalui pemasara online. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar dan antusias bagi pengusaha souvenir di teluk nara yang ditnjukkan dengan banyaknya pertanyaan dan  diskusi selama kegiatan pelatihan berlangsung.

References

Subanar.1998. Manajemen Usaha Kecil. Edisi Pertama. BPFE Universitas Gadjah Mada. Jogjakarta.

Umar, Husain. 2003. Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Susanti, Ariani. Modul pelatihan desain merek dan kemasan. Direktorat jenderal industry kecil dan menengah Departemen Perindustrian. Mataram tahun 2008.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Suriadi, I., Dakwah, M. M., & Sutanto, H. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PADA SENTRA KERAJINAN DI TERMINAL TELUK NARA KABUPATEN LOMBOK UTARA. Jurnal Abdimas Independen, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.41